• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

OLAH RAGA

APG 2020 Filipina Resmi Mundur Dari Jadwal

22 December
07:40 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Olahraga multi ivent bagi penyandang disabilitas se-Asia Tenggara, ASEAN Para Games (APG) 2020 Filipina resmi diundur.

Sebelumnya, APG 2020 akan digelar pada 14 hingga 25 Januari namun diundur menjadi 20 hingga 28 Maret 2020.

“Alasannya utama mundurnya pelaksanaan APG 2020 Filipina karena anggaran untuk gelaran APG belum turun,” ungkap Presiden NPC Indonesia Seny Marbun dalam jumpa pers di kantor Pusat NPC Solo, Sabtu (21/12/2019).

Seny mengaku sudah mendapatan pemberitahuan via telpun dari Presiden NPC Filipina sekitar 10 hari lalu.

“ Saya sudah mendapatkan telpun dari Ketua NPC Filipina tentang mundurnya APG. Dimana akibat ketidak siapan financial, pelaksanaan APG terpaksa ditunda. Namun kepastiannya itu baru disampaikan hari Jumat yang langsung dikirimkan ke 10 negara peserta APG lainnya,” tukasnya.

Senny Marbun mengaku tidak masalah dengan mundurnya jadwal APG kendati diumumkan hanya 3 minggu jelang pelaksanaan.

“ Secara umum, ndak masalah APG mundur sekitar 2 bulan. Pelatnas NPC tetap jalan terus, dan kami berharap para atlet tetap semangat dengan target juara umum,” cetusnya.

Sementara itu Wasekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto menjelaskan kronologi mundurnya APG 2020 bermula saat Ketua NPC Filipina, Michael Barredo berkirim surat kepada Presiden ASEAN Para Sports Federation, Osoth Bhavilai.

Dimana isi surat tersebut berkait permohonan perubahan jadwal APG.

“ Permohonan itu disetujui sehingga pada hari Jumat 20 Desember 2010 terbitlah surat resmi yang tembusanya juga dikirimkan ke Kemenpora,” ungkap Rima.

Menurut Rima, di dalam isi surat disebutan jika pihak NPC Filipina mengundurkan jadwal pelaksanaan APG lantaran terkendala anggaran. Padahal, NPC Filipina sudah mempersiapkan pelaksanaan APG 2020 sejak 2 tahun yang lalu.

“ Kami hanya berharap penundaan waktu penyelenggaraan APG 2020 akan cukup memberi waktu bagi Philapgoc untuk lebih baik dalam persiapannya,” ujarnya.

Kendati sudah dapat dipastikan mundur sekitar 2 bulan NPC Indonesia menurut Rima tetap memutuskan melakukan persiapan semaksimal mungkin.

“ Pelatnas yang sudah berjalan sekitar 8 bulan tetap berlanjut hingga bulan Maret mendatang,” pungkasnya. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00