• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PEMILU

Bawaslu Sukoharjo Gelar Test CAT Bagi Calon Anggota Panwasca Pilkada 2020

14 December
23:51 2019
0 Votes (0)

KBRN Sukoharjo : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo pada hari Sabtu (14/12/2019) menggelar test seleksi rekrutmen bagi calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Test menggunakan system CAT (Computer Assisted Test) digelar di ruang Laboratorium Komputer SMK Negeri 1 Sukoharjo.

Setelah menjalani test CAT para peserta langsung menuju kantor Bawaslu Sukoharjo untuk menjalani test wawancara.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo dari Divisi Organisasi dan SDM Uswatun Mufidah, mengatakan lantaran keterbatasan komputer test dibagi 4 sesi diikuti sebanyak 193 peserta dari 12 kecamatan yang telah memenuhi syarat administrasi pendaftaran.

“ Dengan pembagian itu, masing – masing sesi ada 50 peserta dengan durasi waktu tes selama 90 menit untuk mengerjakan 100 soal,” ungkapnya.

Menurutnya, animo peserta untuk mendaftar seleksi pada tahun ini cukup tinggi dan merata di semua kecamatan.

“Beberapa materi test seleksi yakni, tentang UU terkait dengan kepemiluan, pengetahuan kenegaraan UUD, dan muatan local. Untuk penggunaan tes CAT ini dimaksudkan sebagai bentuk transparansi,” tukasnya.

Dikatakan Uswatun Mufidah semua materi tes maupun aplikasi socrative seluruhnya dikendalikan oleh Bawaslu RI dan hasilnya akan langsung diketahui saat itu juga.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sukoharjo Bambang Muryanto mengatakan, hasil test nantinya akan dipilih 3 orang anggota Panwascam yang akan bertugas pada Pilkada tahun 2020 mendatang di 12 kecamatan.

“ Kami juga berharap, usai dilaksanakannya tes tertulis maupun wawancara. Masyarakat juga mendapatkan kesempatan menginformasikan terkait calon-calon yang sudah mengikuti seleksi melalui,  media sosial WhatsApp, Instagram, Facebook, atau website resmi Bawaslu Kabupaten Sukoharjo,” cetusnya.

Menurut Bambang Muryanto informasi yang diketahui seperti merupakan anggota aktif parpol tertentu, atau bisa tim sukses salah satu paslon peserta Pilkada. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00