• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Si Supo Antarkan Pemkot Raih sebagai Top Ten Inovasi Pelayanan Publik, Bayar Pajak Semakin Mudah

14 December
06:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Pemkot Surakarta meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Top Ten Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah 2019. Dalam hal ini Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota mendapatkan apresiasi dibidang Sistim Surakarta Pajak Online (Si SUPO).

Sistem tersebut berhasil mengalahkan 400 instansi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di Jawa Tengah. Dengan Si Supo pembayaran pajak bisa dilakukan kapanpun. “Pajak itu bisa dimanapun bahkan pada hari libur dan diluar jam kerja pun wajib pajak bisa membayar melalui Si Supo,” ungkap Kepala BPPKAD Kota Surakarta Yosca Herman Sudrajad, Jumat (13/12/2019).

Yosca mengungkapkan, proses pembayaran pajak hanya membutuhkan waktu lima menit, atau paling lama 10 menit prosesnya jauh lebih cepat dari sebelumnya. Lanjut Yosca, ada beberapa penilaian terutama soal  kecepatan dan kemudahan untuk memberikan pelayanan publik yang dinilai menjadi satu satunya di Indonesia yang bersih dari korupsi menyangkut pelayanan pajak dan keuangan.

Selain cepat dan mudah dengan sistem yang telah di pakai juga jauh dari korupsi, gratifikasi, dan pungli. Karena sistem ini tidak mempertemukan antara petugas dengan wajib pajak tidak ada lagi pembayaran cash,” ujarnya.

Usai menerima penghargaan ,Yosca mengaku akan terus meningkatkan inovasi yang telah ada dan terus dilakukan penyempurnaan. Salah satunya menambah pemasangan alat transaksi  pembayaran pajak online di hotel, resto, dan tempat tempat hiburan.

Untuk saat ini alat transaksi baru 200 unit, padahal jumlah hotel ,resto dan tempat hiburan sekitar 2.000 lebih dan di targetkan tahun 2020 mendatang penambahan pemasangan alat transaksi di hotel dan resto 1500 unit,” jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00