• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Hari Juang TNI, 26.500 Bibit Pohon Ditanam di 20 Kecamatan

4 December
17:18 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sragen: Sejumlah 26.500 bibit tanaman produktif buah buahan dan kayu keras akan ditanam serentak di Kabupaten Sragen Kamis (5/12/2019). Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Miri, Sragen, itu akan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkompinda) dan diikuti masyarkat.

Komandan Kodim 0725 Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto mengatakan, tanaman produktif yang akan ditanam serentak di 20 kecamatan di antaranya pohon mangga, klengkeng, mentaok dan juga pohon mahoni, jati termasuk sono keling dan sengon.

"Yang kita tanam adalah tanaman produktif yang keras, juga ada beberapa tanaman langka dan buah buahan. Bambu Petung, klengkeng, Sono keling dan lainya," kata Dandim Luluk Setyanto kepada RRI, Rabu (4/12/2019).

Lebih lanjut Luluk Setyanto mengatakan, penanaman buah-buahan itu akan dilakukan di rumah-rumah warga. Dengan harapan setelah berbuah langsung dapat dinikmati hasilnya oleh warga. "Saat wilayah tersebut musim paceklik pangan, warga masyarakat dapat menikmati hasil tanaman," ujar Dandim.

Penanaman puluhan ribu tanaman produktif itu sebagai upaya untuk merestorasi alam di Bumi Sukowati. Utamanya dalam mengurangi dampak kekeringan yang terjadi di wilayah Kabupaten Sragen.

"Tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarkat itu sendiri. Beberapa tahun terakhir kekeringan selalu terjadi, suhu udara meningkat panas," ungkapnya.

Penghijauan ini diharapkan dapat membuat Sragen semakin hijau dan rindang. Selain dengan banyaknya tanaman akan menyimpan air sehingga dampak kekeringan pun berkurang.

"Ini dalam rangka hari juang TNI 2019. Ada kegiatan bakti sosial dan penghijauan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00