• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HUKUM & KRIMINAL

Ratusan Buku Nikah di KUA Sragen Raib Digondol Maling

2 December
11:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sragen: Sejumlah 79 pasang buku nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Ngrampal Sragen raib dicuri. Aksi pencurian puluhan pasang buku nikah itu terjadi Minggu (1/12/2019) dinihari saat kantor dalam kondisi kosong.

Informasi yang dihimpun RRI menyebutkan pencurian baru diketahui pukul 07.00 WIB oleh salah satu karyawan KUA, Suparno (46). Menurut keterangannya saat diinterogasi polisi, pagi tadi ia datang untuk membersihkan ruangan kantor yang berlokasi di jalan Sragen-Ngawi, tepatnya di Bener, Ngrampal, Sragen itu.

Saat masuk ke kantor, ia kaget mendapati pintu belakang sudah dalam kondisi rusak dan tidak terkunci. Di dekat pintu juga ditemukan kursi yang diduga untuk memanjat.

Diduga pelaku masuk dengan cara mencongkel pintu dan merusak gembok. Mendapati hal itu, ia langsung memberitahu pimpinannya, Kepala KUA Ngrampal, Sutrisno (54) yang kemudian langsung meluncur ke lokasi.

Berdasarkan hasil pengecekan, ada 79 pasang buku nikah yang raib dari dalam kantor.

Rinciannya 25 pasang buku nikah asli dan kosong, 40 pasang buku nikah duplikat dan 14 pasang buku nikah yang sudah diisi oleh staff KUA Ngrampal.

Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasubag Humas AKP Harno membenarkan adanya laporan pencurian di Kantor KUA Ngrampal tersebut. Menurutnya, dari hasil olah TKP, diketahui total ada 79 pasang buku nikah yang raib digondol pelaku.

“Pelaku diperkirakan masuk dengan mencongkel pintu dan merusak gembok. Pelaku membawa kabur 79 pasang buku nikah. Saat ini kasusnya masih dalam penyelidikan,” paparnya Senin (2/12/2019).

AKP Harno menyampaikan, Polisi juga mendeteksi daftar nomor seri dari puluhan buku nikah yang raib tersebut. Masyarakat pun diingatkan untuk tidak menikah dengan buku nikah dengan nomor seri yang hilang tersebut. Dari hasil identifikasi, buku nikah yang digondol pencuri itu sudah terdeteksi nomor serinya.

“Ada 25 buku nikah asli dengan nomor seri 0869 826 sampai dengan 0869850. Kemudian ada 40 buku nikah duplikat dengan nomor seri 1885961 sampai dengan 1886000. Lalu ada 14 buku nikah yang telah diisi oleh staf KUA Ngrampal,” papar AKP Harno.

Aksi pencurian buku nikah di KUA Sragen bukan kali pertama. Akhir 2018 lalu ratusan buku nikah di KUA Masaran juga raib digondol maling.

Catatan RRI, maling berhasil membawa kabur sebanyak 300 atau 150 pasang buku nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Masaran. Menurut informasi yang didapatkan, peristiwa tindak kejahatan unik tersebut terjadi pada Kamis (11/10) dini hari. Hal ini dibenarkan Kasubag Humas Polres Sragen AKP Moeryati. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00