• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

Bimtek Bagi Guru Muhamadiyah Tingkat Nasional Digelar di Lor Inn Hotel

27 November
22:20 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Sebanyak 200 guru SD, SMP, dan SMA Muhammadiyah se-Indonesia mengikuti bimbingan tehnik (bimtek) peningkatan kompetensi guru berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dan penggunaan rumah belajar.  

Kegiatan yang digelar di Lor Inn Hotel oleh Pustekkom Kemdikbud RI berlangsung selama 3 hari sejak Rabu (27/11/2019) mengambil tema “ Guru muhamadiyah berkemajuan, berdaulat, sejahtera dan berartabat.”

Bimtek yang digelar merupakan agenda tahunan untuk mengup grade kemampuan guru itu secara resmi dibuka oleh Prof. Baedhowi, selaku ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Ketua Umum Guru Muhamadiyah Pahri saat memberikan keterangan persnya mengatakan bahwa bimtek bertujuan untuk menjadikan guru-guru Muhammadiyah berdaya saing, profesional, berdaulat, sejahtera dan bermartabat serta memiliki etos kerja yang tinggi.

“ Ya, guru Muhammadiyah itu kunci kemajuan sebuah sekolah. Inovasi dan kreativitas sekolah dan siswa dimulai dari inovasi dan kreativitas bapak ibu gurunya ,” ungkapnya.

Sementara tentang tema dari Bimtek tersebut Pahri menjabarkan bahwa guru muhamadiyah itu harus maju dibandingkan guru yang lainnya.

“ Peran guru Muhamadiyah harus berkemajuan dibandingkan guru yang lain, kemudian berdaulat itu memiliki kebebasan untuk berinovasi dan kreativitas, dan sejahtera guru harus sejahtera jasmani dan rohani dan itu harus menjadi prioritas ,” cetusnya.

Sementara itu, dalam sambutanya Prof. Baedhowi, selaku ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengatakan bahwa rumah belajar merupakan hasil pengembangan sumber daya belajar yang berisi konten berupa sumber belajar, buku sekolah elektronik, bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan keprofesian berkelanjutan dan kelas maya.

“ Ya, posisi guru dalam rumah belajar tidak hanya sebagai user semata, namun diharapkan mampu berkontribusi berkarya mengembangkan sumber belajar yang disusunya sekaligus bisa dipergunakan dan dishare melalui rumah belajar agar mampu meningkatkan produktivitas guru dalam berkarya dan berinovasi ,” ungkapnya. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00