• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

Ajang Kreativitas Saka Kencana, Sebagai Pembentukan Karakter

22 November
21:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten: BKKBN Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Pramuka setempat menggelar Ajang Kreatifitas Saka Kencana Tingkat Regional tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari Jumat-Minggu ( 22-24 /11/2019) di Dodiklatpur Klaten.

Ajang kreativitas yang diikuti lebih dari 500 peserta anggota pramuka di Jawa Tengah itu dibuka Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo. Tampak hadir dalam kegiatan  itu  Deputi Deputi Keluarga sejahtera dan pemberdayaan keluarga BKKBN Pusat M.Yani, Bupati Klaten Sri Mulyani, Dandim Klaten Letkol Minarso, Komandan Dodiklatpur dan para pejabat lainnya. 

Ajang Kreativitas Saka Kencana Tingkat Regional tahun 2019  yang berlangsung di Dodiklatpur Klaten tersebut akan diisi berbagai kegiatan. Para peserta yang berjumlah lebih dari 500 orang itu akan mengikuti penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara. Kemudian pentas budaya daerah, malam budaya nusantara, lomba pidato kependudukan lomba presentasi delapan fungsi keluarga.

Ajang kreatifitas bagi anggota  pramuka tersebut mempunyai  banyak manfaat yang dapat  diambil. Selain mereka dapat  mengenal satu sama lain juga  sebagai mengedukasi diri baik  mengenai karakter, ketrampilan  dan juga Nasionalisme. 

"Tujuan dari pendidikan kepramukaan ada tiga yang  pertama pendidikan karakter. Bila  dikaitkan dengan Saka Kencana adik-adik (pramuka) harus menjadi  agen anti narkoba. Karakter yang  kedua agar dapat memotivasi  teman-temannya agar tidak  melakukan pernikahan usia anak dan yang ketiga jangan melakukan sex bebas karena akan dampak  luas," ungkap Ketua Kwarda Pramuka Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo Jumat (22/11/2019).

Sedangkan fungsi lain dari gerakan pramuka  melalui kegiatan Ajang  Kreativatas Saka Kencana Regional 2019 yakni pembinaan ketrampilan yang  akan  bermanfaat dikemudian  hari. Serta  yang  ketiga  Nasionalisme. 

"Junjung wawasan kebagsaan. Pramuka sudah berkomitmen sebagai  perekat NKRI," tambahnya saat memberikan pengarahan kepada  pramuka-pramuka  Jawa Tengah itu. 

Hal yang hampir sama juga diungkapkan Deputi  Keluarga sejahtera dan pemberdayaan keluarga BKKBN M.Yani. Dikatakan ada tiga  hal penting yang  yang selalu didup dalam kepramukaan, pantang menyerah, etos kerja yang tinggi dan gotong royong.

Kegiatan ajang kreatifitas tersebut bertujuan  untuk menguatkan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka melalui  saka kencana akan menciptakan karakter dan jaringan komunitas untuk meningkatkan advokasi. 

Selain itu pendidikan dan pelatihan harus mampu melahirkan generasi muda yang mempunyai wawasan kebangsaan  yang kuat serta remaja yang berprilaku sehat.

"Kita  ingin  mengaktifkan kembali,  dari  dulu BKKBN punya pramuka Saka Kencana termasuk di  pusat tidak terlalu menggembirakan. Di Klaten Jawa Tengah ini sebagai  upaya merangkul  kembali anak-anak diseluruh Kabupaten Kota bahwa  Saka Kencana kepanduan ini  penting," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00