• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Serangan Hama Tikus Mengganas, Puluhan Hektar Tanaman Padi di Sragen Rusak

19 November
22:06 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sragen: Puluhan hektar tanaman padi di Kecamatan Tanon Sragen diserang hama tikus. Akibat serangan hama pengerat tersebut, puluhan hektar sawah di Desa Gading, Kecamatan Tanon, Sragen, rusak parah. Petani pun mengalami kerugian jutaan rupiah. 

Salah sworang petani, Kromo (45) warga Dukuh Dayan Rt 07, Desa Gading, Kecamatan Tanon menyampaikan, akibat serangan tikus dirinya mengalami kerugian Rp 2,5 juta. Modal yang dikeluarkan untuk tanam padi ini 2,5 juta mulai dari biaya traktor, sewa pompa air sibel, tenaga tanam dan pupuk.

Sawah kromo seluas 4.000 meter persegi rusak parah, tanaman padi tersisa batangnya saja. "Iya kayak gini mas, padinya di makan tinggal sisa batangnya. Modelnya kayak padi itu di pangkas dengan sabit, wah rusak semua," bebernya kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Tak hanya sawah Kromo, ancaman serangan hama tikus juga menyerang sawah milik Dirjo (61) warga Dukuh Karang Rt 01, Desa Gading, Kecamatan Tanon.
Dirjo mengaku tanam padi miliknya memang belum begitu parah diserang hama tikus, namun ia cukup was was. 

"Mulai parah ini diserang tikus. Baru tanam 1 minggu ini, sebagian tanaman padi di beberapa sudut sawah saya juga mulai di makan tikus, baik tikus ukuran kecil kecil dan dewasa," tuturnya. 

Keluhan serupa akibat hama tikus ini juga turut dirasakan oleh beberapa petani yang memiliki sawah di utara Desa Karangtalun perbatasan dengan Desa Gading, Kecamatan Tanon, Sragen. Rata rata tanaman padi yang baru ditanam pada awal musim ini sudah rusak tinggal batangnya.

Dikonfirmasi Kepala Dinas Pertanian Sragen Eka Rini Mumpuni mengaku telah mendapatkan laporan serangan hama tikus ini. Dalam waktu dekat ini akan dilakukan penanganan berupa gropyokan dan pemberian disinfektan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00