• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Pesan Wakil Ketua Komisi 1 DPR-RI, Anak Muda Kuasai Teknologi untuk Keunggulan Kompetitif

18 November
08:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Generasi muda harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi agar memiliki keunggulan kompetitif. Kecanggihan teknologi dapat digunakan dalam semua bidang. Tak hanya untuk jual beli secara on line ataupun ojek on line saja. 

Penegasan ini disampaikan Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Abdul Kharis Almasyhari di sela Seminar "Merajut Nusantara” di Solo Minggu (17/11/2019).

Menurut Kharis, agar bisa memenangkan persaingan global di masa yang akan datang, generasi muda Indonesia harus memiliki keuggulan kompetitif. Cara untuk mewujudkan dengan tidak gagap terhadap kemajuan teknologi, dan memiliki kepercayaan diri untuk menggunakan teknologi tersebut.

"Selama ini pemanfaatkan teknologi canggih di masyarakat hanya terkungkung untuk aplikasi jual beli secara on line ataupun ojek on line," ungkapnya kepada wartawan.

Padahal sejatinya, semua bidang bisa menggunakan aplikasi teknologi canggih mulai pertahanan keamanan, pertanian, perkebunan, peternakan dan bidang lainnya. Politisi dari PKS dari Daerah Pemilihan Jateng 5 ini lebih lanjut mencontohkan, bidang pertanian sekarang yang dikerjakan generasi tua dengan cara konvensional nanti saatnya akan habis.

Oleh sebab itu Kharis mengatakan ke depan harus mampu dikerjakan dengan cara modern. Harus memanfaatkan kemajuan teknologi agar anak muda mau melanjutkan.

"Contoh pertanian jika dilakukan generasi tua dengan cara konvensional sudah meningal, siapa yg akan melakukan, anak-anak muda ndak akan mampu apalagi karena terkesan kotor. Maka teknologi harus menjawab ini mereka lah yg menghasilkan teknologi pertanian untuk menjawab permasalahan agar mereka tidak merasa risi dengan pertanian yang belepotan, tak menarik, sudah ada cara lain," jelasnya.

Melalui Seminar yang diprakarsai Badan Aksesibilitas, Telekomunikasi dan Informasi – BAKTI Kementrian Kominfo ini Abdul Kharis menyampaikan kepada generasi muda bahwa tantangan ke depan kompleks. Sehingga kualitas SDM harus dipersiapkan dengan baik.

"Agar kaum muda sekarang mampu mengantisipasi dan menghadapi tangntangan masa depan."

Selain Abdul Kharis, nara sumber yang hadir Anang Ahmad Latif dari Kominfo serta Agus Triyono, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Widha

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00