• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PEMILU

Bawaslu Sukoharjo Segera Rekrut Panwascam Untuk Pilkada 2020

13 November
22:19 2019
0 Votes (0)

KBRN Sukoharjo : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo mulai membuka pendaftaran Badan Penyelenggara ad hok atau Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam).

Nantinya Paswascam akan bertugas selama tahapan pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo yakni 11 bulan hingga bulan November 2020 mendatang.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo Muladi Wibowo menyampaikan, sebelum pendaftaran dibuka, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dimana nantinya dalam proses rekrutmen Panwascam akan melalui berbagai tahapan.

“ Kebutuhan Panwascam tiap kecamatan 3 orang, sehingga Bawaslu akan merekrut sebanyak 36 personil ,” ungkapnya dalam jumpa  persnya di kantor Bawaslu Sukoharjo, Rabu (13/11/2019).

Dikatakan Muladi Wibowo tahapan perekrutan panwascam dimulai pengumuman pendaftaran pada 13 hingga 26 November mendatang.

“ Ya, jika sampai batas akhir waktu pendafataran jumlah pendaftar belum mencapai kuota, maka akan dilakukan perpanjangan mulai 6 hingga 10 Desember 2019. Sedangkan pengumuman yang lolos administrasi akan dilakukan pada 12 desember mendatang ,” cetusnya.

Lebih Lanjut Muladi Wibowo juga menyebutkan, setelah administrasi masuk, dan pelaksanaan test tertulis, maka tahapan berikutnya adalah menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait hasil penelitian administrasi para kandidat Panwascam pada 12 hingga 15 Desember. 

“ Untuk test tertulis dan wawancara akan digelar pada 13 hingga 17 Desember. Sementara pengumuman akan dilakukan pada 18 Desember dan dilanjutkan pelantikan antara 20 dan 21 Desember 2019 ,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia juga berharap masyarakat nantinya ikut berperan aktif mensukseskan perekrutan Panwascam dengan ikut mendaftarkan diri sepanjang memenuhi persyaratannya. 

“ Dalam rekrutmen Panwascam ini, dilakukan dengan sistem seleksi terbuka. Persyaratanya masih sama dengan aturan sebelumnya ,” tuturnya.

Diantaranya tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota partai politik sedikitnya lima tahun pada saat mendaftar.

Kemudian berdomisili di wilayah Kabupaten/Kota yang bersangkutan
dibuktikan dengan Kartu tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Dan tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD, DPRD, serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka lima tahun.

Persyaratan lebih lengkap dapat diakses melalui web:  https//Sukoharjo. Bawaslu.go.id (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00