• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI

Kembangkan Startegi Pemasaran, Puluhan Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha

12 November
19:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Solo, menggelar kegiatan pengembangan kapasitas usaha (PKU) dengan tema “Strategi Pemasaran, Branding dan Packaging Produk Usaha” di Tirai Bambu Restaurant pada, Selasa (12/11).

Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong nasabah mengembangkan produknya melalui berbagai strategi pemasaran seperti pembuatan merek dagang agar mudah dibedakan dengan kompetitor dan packaging produk sehingga tampilan jadi menarik minat calon pembeli.

Adapun Pelatihan tersebut terdiri dari pelatihan tematik secara reguler dan pelatihan klaster yang berdasar pada kesamaan wilayah ataupun jenis usaha.
Selain itu Pelatihan ini juga membahas mengenai maraknya persaingan bisnis online yang terjadi saat ini dan perkembangan bisnis lain yang sedang menjamur. Hal ini yang melatarbelakangi pelaku UMKM perlu menyesuaikan diri dengan situasi terkini yang menuntut kreativitas dan inovasi pada produk. 

Pemimpin Cabang, Budi Santoso mengatakan Kegiatan Temu Usaha Nasabah Cabang PNM Solo diharapkan bisa menjadi wadah bagi nasabah atau calon nasabah untuk silahturahmi dan bersinergi terhadap produk usaha masing2 yang heterogen.

"Kami berharap ini bisa jadi wadah bersama, jadi misalnya ada nasabah mempunyai usaha ayam potong/boiler dikoneksikan dengan nasabah yg mempunyai usaha warung makan, sehingga terjadi transaksi bisnis antar nasabah PNM," bebernya.

Lanjut Budi, kegiatan tersebut bakal dilakukan secara berulang, sehingga kemampuan nasabah dalam mengembangkan usahanya tersu meningkat sesuai dengan tema yang diangkat.

"Kegiatan seperti ini akan dilakukan secara kontinyu. Dengan tema pelatihan Strategi Pemasaran, Branding dan Packaging Produk Usaha diharapkan nasabah bisa menerapkan sehingga usahanya semakin berkembang dengan baik," terangnya.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh PNM cabang Solo dihadiri oleh 75 nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan calon nasabah yang berada di wilayah Solo dan sekitarnya. Turut hadir sebagai narasumber Ketua Pemuda Tani (HKTI) Jawa Tengah Heriwanto, PIC Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Tanto Indratmoko. 
 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00