• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HUKUM & KRIMINAL

Mencuri 1 Karung Rokok untuk Beli Capjikia, Tiga Pelaku Diamankan Reskrim Polres Karangayar

12 November
19:40 2019
0 Votes (0)

KBRN, Karanganyar :Tim Satreskrim Polres Karanganyar berhasil meringkus 3 pelaku kasus pencurian dengan pemberatan terhadap 2 toko kelontong di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar.

Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Effendi mengungkapkan 3 tersangka tersebut memiliki peran masing masing, 2 pelaku dengan inisial SW alias kenthir 47 tahun dan SG alias Sugeng 50 tahun berperan sebagai eksekutor pencurian. Sedangkan 1 pelaku dengan inisial SN alias No sebagai penadah.

"Tersangkanya ini SW warga plumpung grobogan, terus SN ini warga Nogosari Boyolali, sama SG warga Nusukan, Solo," ujar Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Effendi dalam Jumpa pers di aula Jananuraga, Selasa, (12/11/19). 

Berdasarkan hasil pengembangan diketahui aksi pencurian telah dilakukan sebanyak 2 kali. Tindakan pencurian dilakukan para tersangka pertama kali pada hari Minggu tanggal 21 juli 2019 di toko klontong milik korban Joko Darmanto, sedangkan aksi kedua pada tanggal 15 september di toko klontong miliki korban dwi saptono.

Dikatakan AKBP Catur, berdasarkan pengakuan tersangka SW  barang yang diambil dalam aksi pencurian tersebut yakni satu karung rokok. hasil pencurian  dijual kepada SN senilai 12 juta rupiah, yang kemudian uang tersebut digunakan salah satu tersangka SG untuk bermain judi Capjikia.

"Itu yang diambil tersangka 1 karung rokok, 1 karung dijual seharga 12 juta, trus uangnya dibuat beli capjikia," bebernya.

AKBP Catur mengatakan 2 tersangka dikenakan pasal 363 tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara dan 1 tersangka dijerat pasal 480 tentang tindak pidana penadah dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

"jadi pasal yang dikenakan 363 untuk tersangka SW dan SG, sedangkan untuk tersangka SN dikenakan Pasal 480," jelasnya.

Berdasarkan informsasi dari Kasubag Humas Polres Karanganyar yang di terima RRI, dalam melancarkan aksinya 2 pelaku SW dan SG telah menentukan sasaran sebelum melakukan pencurian. Saat eksekusi pelaku SW masuk kedalam toko dengan cara merusak gembok dan mencongkel pintu.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan Polres karanganyar diantaranya 3 unit handphone, 1 linggis, 1 unit sepedamotor, 2 korek gas, dan 1 slop rokok. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00