• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI

Dorong Patuh Pajak, KPP Pratama Klaten Beri Penghargaan Desa dan Kecamatan Berprestasi

7 November
22:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Kantor Pelayanan Pratama Klaten melakukan koordinasi aspek perpajakan dalam rangka pengelolaan APBDes  2019. Kegiatan  yang dilaksanakan dua  hari (5-6 Nopember) itu dengan  mengundang para Camat, Kepala  Desa  atau  Bendahara Desa yang  berlangsung di Pendopo Kabupaten Klaten. 

Pada pertemuan  itu Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten mendorong agar  mereka dapat pelaksanaan APBDes di masing -masing  Desa sesuai ketentuan  yang  ada. Para Camat , Kepala Desa  atau  Bendahara  Desa   agar  mereka mengetahui cara melaksanakan kewajiban perpajakannya, yang menjadi obyek pajak,  dan patuh melaksanakan pajak  baik memotong, melaksanakan dan menyetor pajak sesuai ketentutanyang ada.

"Kejar target tidak hanya  mengejar  nilai  rupiah saja, kami  tidak  memfokuskan  itu,  tapi  bagaimana pemberdayaan desa dengan Anggaran Belanja Desa  dapat direalisasikan dengan  baik. Kami  mengiringi sehinnga  realisasi penggunaan anggaran  berjalan  dengan baik dan  jauh  lebih  tertib," ungkap  Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama  Klaten Luky Priyanto kepada wartawan, Kamis (7/11/2019).

Diharapkan  dengan  mengundang  para  Camat  serta  Kepala  Desa  itu nantinya  akan  patuh  melaksanakan penganggarannya dan  baik  melaksanakan perpajakannya. Kegiatan  seperti  dinilai  penting dengan  memberikan ilmu  perpajakan dengan  lebih  awal. 

Diungkapkan sejauh ini bila dibandingkan dengan desa-desa di Kabupaten yang lain sampai dengan awal Nopember 2019, Klaten dinilai cukup baik dalam melaksanakan merealisasikan anggarannya. Hal  itu berdasarkan hasil  koordinasi dengan Kantor Wilayah.

"Pelaksanaan anggaran yang direalisasikan dari  anggaran  belanja  desa yang  ada  wilayah Kabupaten Klaten relatif  bagus  dibandingkan dengan Kabupaten lain tingkat  prosentasi bagaimana  mereka  merealisasikan anggarannya sampai  dengan  melaksanakan pemotongan  relatif  bagus  dibandingkan Kabupaten -Kabupaten di Jawa Tengah ", imbuhnya. 

Sedangkan untuk wialayah Kabupaten klaten sendiri dari 391 Desa  di kabupaten klaten . sebanyak 30 persen sudah melaksanakan dengan baik. Pihaknya juga memberikan penghargaan kepada desa-desa dan kecamatan yang dinilai bagu dalam melaskanakan anggaran APBDesnya.

"Lima desa yang mendaptkan penghargaan yakni Desa Beteng Kecamatan Jatinom, Desa Karanganom Kecamatan Klaten Utara, Desa Bawak Kecamatan Cawas, Desa Kurung Kecamatan Ceper dan Desa Karangasem Kecamatan Cawas. Penghargaan untuk  tingkat Kecamatan diberikan kepada Kecamatan Jatinom," Kata Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten Luky Priyanto. Adam

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00