• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI

Pakaian Hacinco Diburu ASN Karanganyar, Pedagang Pasar Jongke Raup Untung

7 November
17:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Karanganyar: Penetapan aturan baru pakaian hacinco sebagai Pakian Dinas Harian (PDH) Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Karanganyar memberikan keuntungan bagi para pedagang baju di Pasar Jongke. Penjualan para pedagang meningkat drastis sejak dua hari sebelum aturan baru PDH tersebut diterapkan.

Salah satu pedagang pakian Pasar Jongke Ny Waluyo mengaku dalam sehari, mampu menjual hingga 50 setel baju hacinco. Bahkan pada 1 hari sebelum diterapkan stok yang disediakan ludes terjual hingga harus kembali mencari stock lain di Pasar Klewer.

"Kalau stok itu terjual 50, ini sudah habis, Bapaknya lagi beli lagi di Pasar Klewer buat stok," terangnya, Kamis (7/11/2019).
 
Padahal sebelumnya baju tersebut hanya bisa terjual 2 sampai 3 stel perhari. Itupun jika terdapat wisatawan yang mencari oleh-oleh.

"Ya biasnya yang beli itu kebanyakan buat oleh-oleh, orang dari luar kota, kalau kemarin banyak dari pegawai," imbuhnya.

Ny Waluyo mengatakan, para ASN tersebut mulai ramai mencari baju hacinco sejak Selasa (5/11/2019) lalu. Namun puncaknya terjadi pada 1 hari sebelum penetapan.

"Kalau ramainya sudah dari selasa lalu, udah banyak yang cari, kan di pakeknya itu hari kamis," katanya.

Setiap 1 potong baju hacinco lengkap dengan ikat kepala, dia mengaku menjual dengan harga Rp 150 ribu.

"Satu potong itu lengkap dari baju, celana, tambah ikat, ya jualnya  Rp 150 lah, itu udah komplit," ungkapnya.

Sementara itu Pedagang pakaian lainnya Jamil mengatakan, los dagangannya mulai ramai dikunjungi pembeli baju hacinco sejak 3 hari terakhir. Bahkan stok yang ia sediakan habis terjual hingga sempat menolak beberapa pembeli.

"Itu udah kemarin, ya kira-kira udah 3 hari lah, kan kemarin ada yang bilang kalo yang cari hacinco banyak, udah ramai itu, tadi udah ada 5 orang cari, tapi ya gak jadi lha stoknya habis," katanya.

Jamil mengaku setiap satu potong baju hacinco di Rp 65-75 ribu. "Biasanya kalo saya jual satu potong itu Rp 65 - 75 ribu," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00