• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

Tahun Depan 70 SDN di Sragen Digabung

30 October
17:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sragen: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen tengah mempertimbangkan penggabungan (regrouping) puluhan sekolah dasar negeri di wilayah setempat. Data dari Disdikbud Sragen ada 60-70 sekolah yang akan digabungkan tahun depan. 

Namun Dinas Pendidikan masih perlu mempertimbangkan sejumlah aspek sebelum melaksanakan kebijakan tersebut. Kepala Disdikbud Sragen Suwardi menyampaikan, salah satu faktor yang menguatkan penggabungan sekolah karena jumlah siswa yang terus berkurang. 

Dalam satu sekolah  jumlah siswa kurang dari 50 anak. Selain itu banyak sekolah yang kekurangan guru, sehingga jika digabungkan maka akan mengurangi biaya operasional. 

"Untuk sekolah dengan siswa yang minimal sekalipun, jumlah guru juga harus tetap terpenuhi, guna memastikan kegiatan belajar mengajar tetap lancar," terangnya kepada wartawan, Rabu (30/10/2019).

Menurutnya, Dinas telah membentuk tim untuk melaksanakan regrouping. Namun regrouping harus mempertimbangkan sejumlah aspek dan kondisi geografis sekolah dengan pemukiman penduduk.

”Khawatirnya kalau di regrouping anak-anak sekitar justru malah tidak sekolah. Jadi banyak pertimbangan yang harus diputuskan sebelum dilakukan regrouping,” ujarnya.

Suwardi mengungkapkan, 
Si kabupaten Sragen terdapat 435 SD tersebar di semua desa/kelurahan. Dari jumlah tersebut ada sekitar 60 sampai 70 sekolah yang dipertimbangkan untuk di Regrouping. "Penggabungan menunggu kajian tim untuk memastikan sekolah yang layak digabung," ujarnya.

Suwardi menyampaikan sebenarnya sekolah dengan siswa dibawah 60 anak sangat berpotensi digabung dengan sekolah lain. Namun jika tujuan utama sekolah adalah mencerdaskan anak bangsa, pertimbangan akses untuk di regrouping juga perlu diperhatikan. Rencananya regrouping akan diterapkan pada 2020 mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00