• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI

Permudah Pembayaran Pajak Online, Pemkot Gandeng Perbankan Lebih Banyak

24 October
08:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Pembayaran pajak daerah dengan sistem online (e-pajak) dinilai sukses dan akan terus dikembangkan Pemkot Surakarta. Oleh sebab itu Pemkot Surakarta melakukan kerjasama dengan perbankan, baik BUMN maupun Swasta.

Seperti pemandangan MOU dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) di Loji Gandrung, Rabu (23/10/2019). Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPPKAD) Surakarta Yosca Herman Soedrajad menyampaikan setelah kerjasama dengan BTN kedepannya dilakukan dengan bank lainnya.

"PAD sektor pajak digenjot 65 persen sehingga masyarakat atau wajib pajak harus siap membayar pajak online melalui perbankan," ungkapnya. 

Menurutnya, pembayaran pajak secara online akan lebih mudah. Selain aman dan cepat uang yang dibayarkan sudah langsung masuk ke kas daerah tanpa harus melalui kantong petugas. Sarana untuk membayar pajak secara online  adalah banyaknya bank yang kerjasama dengan Pemkot. 

"Karena rekeningnya para WP tidak hanya di bank Jateng saja tetapi menyebar di bank-bank umum. Sehingga jika bank umum tidak ikut kerjasama dengan Pemkot mereka tidak memiliki sarana untuk membayar secara online," jelasnya.

Herman Soedrajad berharap sampai 2020 semua bank yang ada di Solo terutama himbara bank umum maupun bank swasta besar sudah ikut untuk menerima pembayaran pajak daerah. Menurutnya sampai saat ini sudah ada beberapa bank yang kerjasama pembayaran pajak seperti BTN, Mandiri, Bank Jateng dan BCA.

"Dengan begitu sembilan jenis pajak masyarakat dapat  terlayani dengan baik." 

Walikota FX Hadi Rudyatmo mengatakan program smart city Solo harus terus dilaksanakan. Semua pelayanan masyarakat sebisa mungkin harus online cepat mudah dan transparan.

Sementara itu, bergabungnya BTN sebagai mitra pemberi layanan pembayaran pajak daerah itu kian memudahkan wajib pajak. Setelah sebelumnya Pemkot menggandeng PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero, PT Bank Central Asia (BCA) Tbk, serta Bank Jateng. 

"Ini jadi sumbangsih kami kepada Pemkot. Sebelumnya kami juga sudah melayani pembayaran e-retribusi dari sejumlah pasar tradisional, seperti Pasar Klewer, Pasar Gede dan Pasar Nusukan," kata Kepala Cabang Solo PT BTN Persero Tbk, Deddy Armanto.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00