• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI

Bangun Ulang 4 Pasar Tradisional Pemkab Sragen Siapkan Anggaran 40M

24 October
08:38 2019
0 Votes (0)

KBRN Sragen: Empat Pasar tradisional di Sragen bakal direvitalisasi pada 2020 mendatang. Termasuk pasar Nglangon yang terbakar bulan lalu menjadi prioritas. 

Total anggaran untuk pembangunan ulang pasar mencapai Rp 40 miliar yang dibutuhkan Pemkab Sragen. Saat ini anggaran diajukan dari APBD 2020 dan dana alokasi khusus DAK dari pusat. 

"Empat Pasar itu Pasar Tangen, Joko Tingkir, lalu Pasar Nglangon yang terbakar dan Pasar Plupuh," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sragen Tedi Rosanto, Rabu (24/10/2019).

Tedi menyampaikan, revitalisasi pasar terus berjalan bertahap.  Pihaknya telah membuat rancang bangun (DED) untuk pasar Joko Tingkir dan Pasar Tangen serta pasar Plupuh yang disusun tahun ini. 

"Karena pasar Nglangon terjadi musibah kebakaran akan dibangun sekalian. Nanti DED dan pembangunan Anggaran di tahun ini," ujarnya.

Sementara itu revitalisasi pasar Tangen Pemkab akan memindahkan ke lokasi baru yang lebih representatif. Menurut Tedi di Tangen ada aset pemda yang bisa dimaksimalkan, dengan perencanaan relokasi di perempatan Tangen.

"Target kami mudah mudahan terlaksana, tiga pasar dari APBD dan Satu pasar dari DAK,” terangnya.

Selain mengupayakan dana revitalisasi pasar dari APBD, Pemkab Sragen juga berusaha mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perbaikan pasar Plupuh. Tedi menjelaskan, nilai anggaran itu sekitar Rp 2,5 miliar. 

"Terkait konsep pasar yang akan direvitalisasi, secara umum dibuat pasar semi modern. Penggambaran umum seperti pasar tradisional di Solo. Namun tetap memperhatikan sanitasi dan zonasi pasar," tandasnya.

  • Tentang Penulis

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00