• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Gedung MPP Solo Terlalu Sempit, Tak Semua Pelayanan Bisa Satu Atap

15 October
10:31 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta: Pemerintah Kota Surakarta merencanakan pendirian, Mall Pelayanan Publik (MPP) yang akan direalisasikan di eks gedung Bank Danamon yang telah menjadi aset Pemkot. Saat ini Pemkot sedang mematangkan pembahasannya untuk lanjutkan penyususun detail engineering design (DED). 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Toto Amanto, menyampaikan eks gedung Bank Danamon di Benteng Vastenburg terdiri dari empat lantai. Diproyeksikan lantai 1-2 untuk counter pelayanan, sementara 3-4 untuk perkantoran. 

"Bicara pelayanan, kami harus mempertimbangkan akses warga. Kalau seluruh loket pelayanan dibuka di lantai satu, ruangannya jelas tidak cukup. Tapi kalau disebar di lantai-lantai lain, tentu akan menyulitkan sebagian masyarakat," kata Toto Senin (14/10/2019).

Namun demikian gedung tersebut tidak terlalu luas untuk sebuah Mall pelayanan yang terdiri dari puluhan layanan dari Pemkot maupun instansi lainnya. Sehingga hanya diprioritaskan pelayanan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat Solo yang akan menempati gedung MPP. 

"Misalnya perizinan, dispendukcapil, perpajakan, sementara pelayanan vertikal dari kepolisian, imigrasi, agraria dan juga PLN/PDAM harus dibahas lebih lanjut," ujarnya.

Toto menegaskan, inti pelayanan mal tersebut adalah penyediaan pelayanan perizinan dan nonperizinan dalam satu bangunan satu pintu dan mudah. MPP merupakan pengembangan dari pelayanan satu pintu yang selama ini diselenggarakan Pemkot. 

"Namun jika dipaksakan pelayanan sampai lantai 3-4 malah menyusahkan masyarakat. Itu gedungnya kan tidak ada lift," sambungnya.

Di sisi lain Toto Amanto menyampaikan perlu menyiapkan kebutuhan lain seperti integrasi teknologi informasi (TI) maupun sarana prasarananya (sarpras). Semua itu sedang dibahas internal Pemkot, setelah itu bersama instansi lainnya. 

Sementara itu Wali Kota FX Hadi Rudyatmo menargetkan, MPP bisa beroperasi mulai pertengahan 2020. Ia menyampaikan eks gedung Bank Danamon dapat dimanfaatkan untuk pusat pelayanan masyarakat. "September atau Agustus 2020 harus beroperasi."

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00