• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Napi Lapas Sragen Gantung Diri Dihari Kesehatan Jiwa Dunia

10 October
15:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sragen: Seorang Napi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sragen bernama Umar Yatin (37) ditemukan tewas gantung diri di ruang isolasi, Kamis (10/10/2019). Ironisnya Napi gantung diri pada momentum peringatan hari kesehatan jiwa sedunia (World Mental Health Day) 10 Oktober.

Umar yang merupakan napi kasus narkoba itu diduga nekat mengakhiri hidupnya karena depresi. Umar mengakhiri hidupnya menggunakan sarung miliknya. 

Informasi yang dihimpun RRI menyebutkan, kejadian kali pertama diketahui oleh seorang sipir bernama Saiman (41). Kejadian sekitar pukul 06.45 WIB. Saat itu Saiman hendak melakukan pergantian jaga dengan petugas jaga pagi.

Saat melakukan pengecekan di blok yang dihuni korban yakni di blok TB, Saiman terkejut melihat korban dalam kondisi tergantung. Saat itu, korban tergantung dengan sarung terlilit di leher di teralis besi. 

Melihat kejadian itu, Saiman pun memberitahukan kepada petugas lain. Selanjutnya dilakukan pengecekan mengenai kondisi tubuh korban. Setelah dilakukan pengecekan, korban diketahui sudah meninggal dunia. 

Kasubsi Registrasi Lapas Sragen, Ratna Dwi Lestari membenarkan kejadian tersebut. Ratna menduga, korban mengalami depresi setelah sebelumnya dijadikan saksi kasus narkoba. 

"Korban merupakan Napi kasus narkoba dan sudah putus dengan kurungan penjara selama empat tahun. Dua hari sebelumnya, ada pengungkapan dari BNN di daerah Brebes, dan infonya yang mengenalkan adalah korban ini," terangnya. 

Selanjutnya, tambah Ratna, korban ini dipindahkan ke ruang isolasi di blok TB. Diduga korban ini mengalami depresi sehingga nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. 

Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Agus Jumadi mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan jasad korban tidak ditemukan adanya tanda-tanda penganiayaan. Dari hasil pemeriksaan itu kuat dugaan korban murni bunuh diri. Korban yang merupakan napi titipan dari Lapas Boyolali kemudian di serahkan kepada keluarga.

"Hasil pemeriksaan murni bunuh diri dengan cara menggantung. Setelah kita lakukan autopsi kemudian jenazah kita serahkan kepada keluarga."
 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00