• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Wow, 261 Kades di Boyolali Akan Dapat Kendaraan Dinas N Max

10 October
10:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Boyolali: Sebanyak 261 Kades dan 6 Lurah di Boyolali bakal mendapat kendaraan dinas baru Yamaha N Max. Pemkab menyiapkan anggaran sekitar Rp 7 miliar untuk pengadaan kendaraan tersebut.

Tak hanya itu saja, penghasilan tetap (Siltap) Kades juga dinaikkan di tahun depan. Hal Itu diungkapkan Ketua DPRD Boyolali, S. Paryanto, Rabu (9/10/2019). Paryanto mengaku sudah memasukkan piloting anggarkan dalam APBD 2020.

"Anggaran itu sudah dimasukan kedalam Anggaran Pendapatan belanja daerah (APBD) Boyolali tahun 2020," tandasnya.

Meski akan mendapatkan kendaraan operasional baru, namun kendaraan operasional lama tidak akan ditarik. Kendaraan dinas dapat dimanfaatkan untuk kendaraan operasional desa. 

“ Mintanya kades tidak ditarik. biar standby disana (Desa dan Kelurahan). Tergantung kades, biar digunakan Carik’e (Sekdesnya) atau digunakan operasional pemerintah desa,” kata Paryanto.

Selain pengadaan kendaraan dinas untuk Kades, Siltap kades beserta perangkatnya juga telah dievaluasi. Itu setelah adanya audiensi dengan Asosiasi Perangkat desa Indonesia (APDESI) Boyolali. Hasilnya, Siltap Kades bakal dinaikkan. 

"Tapi untuk 2020 kenaikan Siltapnya belum signifikan. Naik hanya Rp 500 ribu. Dari 3,5 juta menjadi 4 juta. kalau permintaan Permintaan kades itu 5 juta,” kata Paryanto. 

Menurut Paryanto, pada tahun 2020 nanti, ada Pemilihan kepala dearah (Pilkada). Sehingga banyak anggaran yang tersedot untuk pilkada. Sehingga, pada tahun 2020, Anggaran Dana Desa (ADD) belum bisa dinaikkan 11 persen. 
“ Nah nanti, tahun 2021 kita naikkan agar siltap sesuai harapan kades,” ujarnya. Kisno

  • Tentang Penulis

    Ahmad Sukisno

    Ahmad Sukisno RRI Reporter Surakarta

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00