• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Atasi Kekeringan, BPBD Wonogiri Gandeng Sukarelawan Untuk Inventarisir Sumber Mata Air

9 October
21:26 2019
0 Votes (0)

KBRN Wonogiri : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten wonogiri mulai menginvetarisir sumber mata air guna mengatasi masalah kekeringan yang terjadi selama ini.

Poses invetarisir tersebut melibatkan sukarelawan Forum Pengurangan  Resiko Bencana (FPRB) Wonogiri. 

Dimana sumber mata air yang mulai didata itu berupa tangkapan air seperti embung dan telaga.

Tidak hanya itu para sukarelawan juga akan membantu menyediakan bibit pohon beringin untuk ditanam dengan prioritas utama disekitar sumber mata air menjelang musim penghujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, program invetarisir sumber air dan penanaman pohon beringin itu merupakan hasil rapat koordinasi rakor FPRB di kantor BPBD Wonogiri.

“ Ya, program inventarisir itu merupakan hasil rakor FPRB. Tidak hanya itu sukarelawan juga memiliki kapabilitas secara bertahap akan mendapaatkan pelatihan untuk menjadi fasilitator Desa Tangguh bencana atau Destana ,” ungkap Bambang Haryanto kepada RRI, Rabu (09/10/2019).

Menurutnya, nantinya fasilitator itu akan diterjunkan ke desa/kelurahan guna mendukung percepatan terwujudnya destana di masing-masing-masing wilayah.

“ Guna mendukung percepatan terwujudnya Destana di masing-masing wilayah fasilitator itu menyatakan siap terjun langsung ke desa/kelurahan,” Tukasnya.

Lebih lanjut Bambang Haryanto juga mengemukakan, setelah mendapatkan pelatihan selama 3 hari para sukarelawan juga diagendakan mengikuti gladi lapangan atau simulasi penanganan bencana banjir pada 2 November mendatang.

“ Sedangkan saat terjadi hujan yang sebenarnya sukarelawan kembali dilibatkan untuk mitigasi bencana berupa penghijauan serentak dengan prioritas kawasan tangkapan hulu sungai ,” pungkasnya (Edwi).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00