• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

IAIN Surakarta Mewisuda Sebanyak 544 Mahasiswa S2 dan S1

5 October
19:58 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta :  Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mewisuda 544 mahasiswa yang terdiri atas program Pascasarjana/Magister (S2) sebanyak 40 orang, Program Sarjana (S1) sebanyak 504.

Upacara Wisuda Sarjana dan Magister Ke-41 Tahun 2019 ini dipimpin Rektor IAIN Surakarta, Prof Dr. H. Mudofir, S.Ag, M.Pd, di Gedung Graha IAIN Surakarta, Sabtu (05/10/2019).

Untuk program Pasca sarjana S2 berasal dari program study Manajemen Pendidikan Islam 29 orang dan Pendidikan Bahasa Arab 11 orang.

Sedangkan untuk Program  S1 berasal dari Fakultas Ushuluddin dan Dakwah 197 orang dan Ekonomi dan Bisnis Islam 307 orang.

Rektor IAIN Surakarta Prof Dr. H. Mudofir, S.Ag, M.Pd, mengatakan wisuda Sarjana dan Magister Ke-41 IAIN Surakarta Tahun 2019 ini mengusung tema “Pengarusutamaan kearifan lokal dan budaya untuk moderasi Beragama”.

“ Tema itu diambil untuk menegaskan kembali makna moderasi bersama dalam kontek kebangsaan. Moderasi beragama harus selalu diberi konteks agar implementasinya relevan dalam kehidupan yang selalu berubah dengan cepatnya ,” ungkap Rektor Mudofir dalam sambutanya.

Dia berharap pada seluruh wisudawan/wisudawati yang telah meraih gelar sarjana dan magister ini dapat menjadi aktor moderasi beragama melalui peran sosialnya ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“ Para alumni harus menjadi ilmuwan organik yang memiliki kepedulian kepada masalah bangsa utamanya dalam peran menciptakan stabilitas bangsa melalui pemanfaatan kearifan lokal dan budaya sebagai instrumen integritas NKRI ,” tukasnya.

Sementara itu ketua panitia wisuda IAIN ke 41 Dr. H. Abdul Matin Bin Salman Lc, M.Ag mengatakan, pada wisuda hari pertama  Sabtu (05/10/2019) terdapat beberapa wisudawan  yang meraih Indeks Prestasi (IP) tertinggi.

Yakni Zahrotun Nisa S.Ag dari Fakultas Ushuludin dan Dakwah dari Program Study (Prodi) Ilmu Al Quran dan Tafsir yang meraih IP 3,62.

“ Sebagai wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas adalah Ayu Irmasari Raharjanti SE dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Perbankan Syariah dengan IP 3,84 dan Ulya Rifah Rifqiya S.Sos Prodi Bimbingan dan Konseling Islam dengan IP, 3,80 ,” ungkap Abdul Matin.

Sedangkan dari S2 adalah Anisatul Barokah M.PD.I dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab dengan IP 3,85.

Selain itu juga terdapat 2 mahasiswa yang tahfids Al Quran 30 Juz yakni Siti Nikmatul Fatimah S.Ag dari Fakultas Ushuluddin dan Dawah Prodi Ilmu Al Quran dan Tafsir dengan IP 3,49 dan Oka Barokah S.Ag, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Prodi Almu Al Quran dan Tafsir dengan IP 3,54.  (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00