• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

OLAH RAGA

Walikota Solo Optimis, Indonesia Akan Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Sepakbola U-20

23 September
21:51 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta :  Walikota Solo FX Hadi Rudiyatmo menyatakan optimis Indonesia akan menjadi tuanrumah kejuaraan sepakbola piala dunia U20 tahun 2021 mendatang.

Rasa optimis itu ditunjukan lantaran  saat ini tim FIFA sudah melakukan inspeksi ke beberapa stadion di Indonesia termasuk stadion Manahan Solo.

Beberapa stadion tersebut akan menjadi tuanrumah dalam perhelatan akbar piala dunia bagi pemain dibawah usia 20 tahun.

Kepada RRI, Walikota Solo FX Hadi Rudiyatmo berharap FIFA selaku otoritas tertinggi sepakbola dunia agar mempertimbangkan usulan dari Indonesia yang ingin menjadi tuanrumah dengan mengemsampingkan usulan negara lain yakni Brazil dan Peru.

“ Kami berharap FFA tidak mengabulkan Brazi dan Peru. Sebab kedua negara sudah mendunia dan melahirkan bintang-bintang sepakbola yang mampu mengharumkan negaranya ,” ungkapnya.

Menurut dia, FIFA juga diminta mempertimbangkan usulan Indonesia agar prestasi sepakbola mampu sejajar dengan negara lain di Eropa.

“ Dengan menjadi tuanrumah kejuaraan piala dunia juga dapat mempersatukan bangsa. Apalagi dengan menjadi tuanrumah, dapat membawa dampak positif terutama bagi kelompok suporter,” cetus FX Hadi Rudiyatmo.

Sementara itu terkait kondisi stadion Manahan Solo menurutnya juga sangat layak menjadi salah satu tuanrumah.

Apalagi pasca renovasi stadio peninggalan era orde baru itu disebut-sebut memiliki fasilitas yang sama dengan Stadion GBK Jakarta.

“ Ya, stadion Manahan fasilitasnya sudah lengkap, mulai dari lampu penerangan, rumput hijau, ruang ganti pemain yang sudah dilengkapi kolam air hangat, ruang pemanasan, akses pemain, dan tim medis bila terjadi keadaan darurat, tribun disabilitas, tribun media dan VVIP “ tukasnya.

Lantaran fasilitas stadion Manahan sudah memenuhi standar FIFA FX Hadi Rudiyatmo berharap fasilitas itu dapat menjadi pertimbangan utama bagi FIFA jika Solo pantas menjadi salah satu kota yang aka menjadi tuan rumah kejuaraan sepakbola Piala dunia U-20.

“ Mudah-mudahan FIFA dapat Mempertimbangkan usulan dari Indonesia ,” tuturnya.

Seperti diketahui selain kota Solo beberapa kota lain di Indonesia yang memiliki stadion juga masuk juga bertaraf internasional juga masuk nominasi seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, Yogyakarta, dan Gianyar Bali. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00