• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KESEHATAN

Cegah Kanker Serviks, Tim Penggerak PKK dan Puskesmas Mojolaban Blusukan Penyuluhan Ke Pabrik Garment

7 September
22:57 2019
1 Votes (4)

KBRN Sukoharjo : Tim Penggerak PKK bekerja sama dengan Puskesmas Mojolaban melakukan penyuluhan dan di deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara.

Agenda kegiatan kali ini menyasar ratusan karyawan pabrik garment yang ada yang ada di kecamatan mojolaban kabupaten sukoharjo.

“, kita memeriksakan kesehatan karyawan sekitar 105 orang yang nanti diperiksa payudaranya dan nanti juga dilakukan iva tes,” jelas Pipit Ravika Sari  selaku Ketua Tim Penggerak PKK Mojolaban

Deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks di lingkungan perusahaan dinilai masih sangat rendah . Umumnya wanita yang  bekerja sebagai  karyawan cenderung malu atau takut untuk memeriksakan kesehatan organ vitalnya.

“Kondisi inilah yang mendorong kami tim penggerak pkk kecamatan mojolaban dan puskesmas kecamatan mojolaban melakukan sistem jemput bola,” ungkapnya

Materi penyuluhan di berikan oleh salah satu dokter dari puskesmas kecamatan mojolaban. Usai penyuluhan, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan kepada karyawan wanita. Sedikitnya disiapkan sepuluh bilik yang akan di gunakan untuk pemeriksaan. “untuk kegiatan pagi ini, pemeriksaan melibatkan empat dokter dan enam bidan dari puskesmas kecamatan mojolaban,” imbuhnya.

Sementara itu, dr. Arsita Rasmi selaku Kepala Puskesmas Mojolaban menuturkan, selama kurun waktu dari tahun 2017 sampai 2018, puskesmas mojolaban mencatat ada 27 warga dinyatakan hasil pemeriksaan iva-nya  postitip. “Pada tahun 2019 ini, pada saat kegiatan kampanye bahaya kanker serviks dan payudara, puskesmas mojolaban menemukan lima puluh warga yang dinyatakan positip,” pungkasnya. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00