• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI

Diresmikan, Ruang Tunggu Peron KA Bandara Solo Jadi Role Model

29 August
15:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Ruang tunggu dan peron kereta bandara di Stasiun Solo Balapan diresmikan, Kamis (29/8/2019). Ruang tunggu KA bandara ini akan menjadi role model atau percontohan stasiun lain di Indonesia.

Peresmian dilakukan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro. Peresmian ruang tunggu KA Bandara Adi Sumarmo di Solo merupakan yang kelima setelah KA Bandara Kualanamo, Sumatra Utara, KA Bandara Sukarno – Hatta, KA Bandara Minangkabau dan KA Bandara Palembang. 

Edi Sukmoro mengungkapkan, keberadaan ruang tunggu dan peron KA Bandara di Stasiun Solo Balapan terkoneksi. Baik moda transportasi kereta api, maupun moda transportasi darat bus melalui terminal tirtonadi yang dihubungkan dengan Skybridge. 

"Ini sekaligus menghubungkan 3 bandara, Adi Sumarmo Surakarta, Adi Sucipto Yogyakarta  serta Bandara Yogyakarta Internasional Air Port di Kulon Progo guna memudahkan pelayanan bagi masyarakat," ungkap Edi Sukmoro di sela peresmian.


Lanjut Edi, keberadaan ruang tunggu dan peron KA Bandara di Stasiun Balapan yang terkoneksi dengan dengan moda transportasi lain dapat dijadikan model. Model ini akan diterapkan di stasiun- stasiun yang ada di Indonesia menuju bandara.

"Keberadaan ruang tunggu dan Peron KA Bandara di Stasiun Balapan yang terkoneksi dengan dengan moda transportasi lain," ujarnya.                                    

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Dirut PT Kereta Api Properti Managemen Dwiyana Slamet Riyadi menambhakan, dengan diresmikan ruang tunggu KA bandara Adi Sumarmo bisa meningkatkan transportsi di Indonesia. Selain itu akan meningkatkan perekonomian di Wilayah Surakarta.

"Pembangunan ruang tunggu KA Bandara Adi Sumarmo menghabiskan waktu selama 1 tahun karena mngelami beberapa kali perubahan desain bangunan," tambahnya.

Ruang tunggu KA bandara terdiri dua lantai. Luas lantai satu sekitar 645 meter persegi dan lantai dua 1.100 meter persegi. 

Ruang tunggu dilengkapi fasilitas seperti tiga eskalator, dua lift dan mempertimbangkan aspek disabilitas, guna mendukung pengguna ruang tunggu KA Bandara.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00