• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

FKI UMS Gelar Edukasi Game di MIM Pucangan Kartosuro

23 August
20:55 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Edukasi game yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Pucangan Kartasura adalah follow up dari PKM Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen Fakultas Komunikasi dan Informatika.

TIM PKM tersebut terdiri dari ketua Dr. Endah Sudalmilah, ST.M.Eng, anggota Fatah Yasin Al Irsyadi, S.T., M.T, Dr. Dian Purworini, S.Sos, MM,  Yanti Haryanti, MA dan Azizah Fatmawati, S.T., S.Th.I., M.Sc

Ketua TIM, Dr. Endah Sudalmilah, ST.M.Eng dalam rilis kepada rri.co.id, Jumat (23/08/2019) menjelaskan, PKM Pengabdian Masyarakat yang bernama Program kemitraan masyarakat Digital Literasi dan Implementasi AR Edugame Untuk Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar.

“ Ya, pada program ini sekolah dasar yang kami pilih adalah MI Muhammadiyah Pucangan dan MI Muhammadiyah Kertonatan sesuai dengan MoU yang telah disepakati bersama ,” ungkapnya.

Menurutnya, Literasi game tersebut dibagi menjadi dua  bagian yang dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan yakni untuk siswa dan juga guru. Total ada 25 guru dan 100 siswa mulai dari kelas 4-6 yang ikut serta pada kegiatan ini.

“Untuk siswa edukasi yang diberikan adalah game Augmented Realy (AR) Tari dan Gamelan, sedangkan guru itu edukasi game Mobile Legend dan PUBG. Namun diakhir acara para guru pun akhirnya dikasih edukasi terkait game AR ,” tukasnya.

Sementara, Augmented Realy (AR) Tari dan Gamelan adalah hasil karya dari mahasiswa Teknik Informatika Nurul Ustia dan Doni Bakhtiar. Nurul Ustia membuat game AR Tari dan Doni Bakhtiar membuat game AR Gamelan.

Nurul sapaan akrabnya, butuh waktu 6 bulan untuk menyelesaikan game tersebut sedangkan Bakhtiar butuh waktu 4-5 bulan untuk menyelesaikannya. Kedua game ini saling berhubungan karena sama-sama mengangkat seni tradisional. Dalam game 3D tersebut, pengguna tinggal membuka aplikasinya dan mengarahkan layar ponselnya pada kertas yang sudah disediakan.

Pengguna tinggal memilih Tari maupun gamelan yang apa yang ingin di mainkan. Dalam waktu sekejap tari-tarian tradisional yang dipilih pun langsung tampil dilayar smartphone dalam bentuk animasi 3D, begitu juga dengan AR Gamelan ,” tutur Dr. Endah Sudalmilah, ST.M.Eng.

Menariknya melalui dua game ini bisa langsung tahu seperti apa gerakan-gerakan irama tari-tari tradisional seperti, Tari Gantar dari Kalimantan, Tari Kecak  dari Bali, Tari Sajojo dari Papua, dan Tari Tor-Tor dari Sumatra dan Tari Gambyong dari Jawa Tengah.

Selain itu, pengguna juga bisa belajar seperti apa bunyi dan cara memainkan alat-alat gamelan, misalnya Kendhang, Gong, Saron, Demung, Peking, Gambang, Bonang, Kempul, dan Kenong,” cetusnya.

Salah satu peserta siswa kelas lima MIM Pucangan, Much. Farrel mengungkapkan bahwa dirinya gembira bermain game tersebut karena bisa langsung belajar tari-tarian tradisional sekaligus gamelan. Hal yang sama disampaikan oleh Andin Safani Setyoningsih siswi kelas empat.

"Waktu saya bermain game AR Tari dan Gamelan itu saya rasanya senang banget. Apalagi didampingi langsung  oleh kakak-kakak dari UMS," ungkap Andin.

Endah berharap semoga tujuan dari edukasi dan literasi game ini bisa tercapai yaitu paling tidak kita bisa menggunakan tekonologi itu dengan bijaksana. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwasanya target yang ia bidik yakni bisa terbentuk suatu pengetahuan digital literasi pada guru untuk ditularkan kepasa para siswanya.   Karena digital itu bagaimana kita menyikapi teknologi, sesuatu digital untuk menjadi bermanfaat.

Kemudian untuk siswa target yang ingin dicapai yaitu siswa bisa paham bahwa  ternyata game itu tidak hanya untuk senang senang saja melainkan bisa buat belajar. (Edwi/Rilis)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00