• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI

Gelar Potensi Daerah Sukoharjo Expo 2019 Diikuti 180 Stand

23 August
18:25 2019
0 Votes (0)

KBRN Sukoharjo : Gelar potensi daerah Sukoharjo Expo 2019 resmi dibuka oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya di Alun-Alun Satya Negara, Jumat (23/08/2019).

Sukoharjo Expo tersebut dalam rangka membangun citra positif produk ungggulan UMKM serta mendorong prtumbuhan industri kreatif digelar selama lima hingga 27 Agustus mendatang.

Expo tahun ini berskala nasional dengan melibatkan 180 stan dimana pesertanya datang dari sejumlah daerah di luar Sukoharjo.

Asisten Deputi Bidang Pertanian dan Perkebunan Kemenkop dan UKM, Dewi Syarlen mengapresiasi Sukoharjo Expo sebagai media promosi dan mengangkat citra produk unggulan UMKM.

“ Ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia karena memiliki industri kreatif yang potensial. Salah satunya industri kreatif bidang kebudayaan dan kearifan lokal setiap daerah yang tidak dimiliki negara lain ,” ungkap Dewi dalam sambutannya.

Dia juga mengatakan, saat ini masih terdapat sejumlah kendala bagi pengengbangan industri kreatif seperti terbatasnya akses pemasaran dan juga akses permodalan.

“ Kemenkopdan UKM membuat program yang sudah dan akan dilaksanakan diantaranya adalah perluasan akses pemasaran, pengembangan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), kampung digital yang bersinergi dengan PT Telkom, peningkatan kapasitas SDM berbasis teknologi degital, perluaaan akses pembiayaan melaui KUR, serta pengelolaan dana bergulir ,” cetusnya.

Lebih lanjut Dewi Syarlen mengakui, sejumlah program tersebut telah memberikan dampak peningkatan kewirausahaan dan mendukung perekonomian nasional.

“ Sukoharjo Expo sebagai wujud nyata dan komitmen Pemkab Sukoharjo dalam penguatan jaringan KUMKM. Diharapkan expo tersebut menjadi agenda tahunan sehingga bisa mempertemukan produsen dengan buyer secara langsung ,” tukasnya.

Pihaknya juga berharap Expo dapat menjadi agenda tahunan yang bisa mempertemukan produsen dengan buyer secara langsung.

Sementara Bupati Wardoyo Wijaya mengatakan, Sukoharjo Expo 2019 merupakan upaya membangun citra positif mendorong industri kreatif di Sukoharjo.

“ Saat ini, sektor industri dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah khususnya dalam penyerapan tenaga kerja dan sumbangan Pendapatan Domestik Bruto ,” cetus Bupati. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00