• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

Dahnil Simanjuntak Ajak Maru UMS Bangun Literasi Dengan Tingkatkan Tradisi Baca

22 August
20:25 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Dahnil Simanjuntak mengajak mahasiswa baru (maru) untuk membangun literasi tinggi dengan meningkatkan tradisi membaca.

Ajakan itu disampaikan dihadapan ribuan Maru UMS saat berlangsung  Ekspo UKM 2019, yang digelar di lapangan kampus 2 setempat, Kamis (22/08/2019).

“ Ya, akibat minim membaca membuat banyak pemimpin politik negeri ini menjadi miskin gagasan, miskin ide dan itu berpengaruh terhadap cara pandang mereka beradu argumen. Oleh karena itu salah satu yang harus menjadi perhatian khusus adalah kembali membangun tradisi membaca yang kuat ,” ungkap Danil.

Menurutnya, dengan banyak membaca akan berpengaruh terhadap jangka panjang sehingga mendatang kehidupan kebangsaan dapat diisi dengan ide dan beradu produk bacaan.

“ Dengan banyak membaca jelas akan berpengaruh sehingga mendatang kehidupan kebangsaan dapat diisi dengan ide dan beradu produk bacaan,” cetusnya.

Lebih lanjut Dahnil Simanjuntak juga menambahkan, saat ini sedikit politisi yang membangun gagasan secara otentik karena tradisi bacanya rendah. Sehingga kualitas kebangsaan menjadi rendah.

“ Sebagai mahasiswa baru budaya baca harus kembali ditanamkan. Dan kepada pemerintah, harus memberikan keteladanan  dimana pemimpin bangsa mesti mempunyai kegemaran membaca ,” tukasnya.  

Menurutnya, akan sangat berkualitas jika perbedaan pendapat atau adu argumen diimbangi melalui tulisan atau gagasan.

“Dulu Bung Hatta, Bung Karno dan tokoh lainnya seperti Syahrir berdebat menggunakan artikel dan membuat gagasan. Kalau sekarang lebih banyak memafaatkan media sosial, untuk menyebarkan berita hoax ,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PKKMB UMS, Ahmad Kholid menuturkan, ekspo UKM merupakan  rangkaian terakhir dari kegiatan orientasi mahasiswa baru di UMS.

“ Tujuan menghadirkan alumni UMS adalah untuk memotivasi para mahasiswa bahwa sukses tidak hanya diraih dengan mengedepankan keunggulan akademik saja, namun juga harus memiliki kompetensi soft skill yang mumpuni ,” ungkapnya. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00