• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

OLAH RAGA

PSSI Usulkan Stadion Manahan Solo Menjadi Host Kejuaraan Sepakbola Dunia U-20

17 August
06:05 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjalin kerja sama dengan Pemkot Surakarta melalui Host City Agreement terkait Bidding PSSI untuk gelaran World Cup U-20 tahun 2021 mendatang.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mendatangi Rumah Dinas Wali Kota Loji Gandrung untuk bertemu dengan Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo dalam penandatanganan Host City Agreement.

Saat memberikan keterangan persnya menjelaskan, Ratu Thisa menjelaskan bahwa ada tiga pihak yang terlibat dalam bidding untuk gelaran world cup U-20 tahun 2021 meliputi FIFA (Federation Internationale of Football Association), PSSI dan Pemerintah Daerah.

Menurutnya, selain fasilitas dan insfratsruktur, PSSI juga mempresentasikan beberapa keberhasilan yang telah dicapai oleh PSSI diantaranya pernah menjadi federasi percontohan bagi negara lain..

“ Satu hal yang dijadikan senjata adalah pernah menjadi tuan rumah 10 kejuaraan sekaligus pada tahun 2018. Bahkan pada tahun 2019 ini Indonesia mendapatkan kepercayaan dari AFC untuk menggelar babak kualifikasi U16 dan U 19 ,” ungkap Ratu Thisa kepada wartawan, Jumat (16/08/2019).

Lebih lanjut Sekjen PSSI itu juga melihat persyaratan utama lainnya yang harus dipenuhi host city untuk world cup U-20 mendatang adalah memiliki sebanyak 5 lapangan pendamping untuk training sesuai dengan kriteria harus ada ruang ganti dan toilet.

“Untuk menjadi tuan rumah World Cup U-20 tahun 2021 mendatang, Indonesia harus bersaing dengan sejumlah negara – negara lain di dunia seperti Brazil, Peru, Thailand - Myanmar, Bahrain - Uni Emirat Arab – Saudi Arabia ,” tukanya.

Menurutnya, PSSI memiliki batas waktu sampai akhir bulan Agustus ini untuk mengumpulkan seluruh dokumen administrasi.

“ Selain selain stadion Manahan Solo, juga Gelora Bung Karno Jakarta, Pakansari Bogor, I Wayan Dipta Gianyar Bali, Mandala Krida Yogyakarta, Wibawa Mukti Cikarang, Patriot Candrabhaga Bekasi, dan Jalak Harupat Bandung,” cetus Ratu Thisa.

Khusus stadion Manahan Solo dengan tampilan barunya yang megah dan memiliki fasilitas lengkap dilirik menjadi stadion tuan rumah untuk Indonesia lantaran telah memenuhi standarisasi safety, regulation.

Sementara itu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, pihaknya siap mendukung Indonesia sebagai tuan rumah World Cup U-20 2021 mendatang. Dan optimistis Indonesia akan menang bersaing dengan negara lainnya.

"Saya rasa Brasil dan Peru tidak perlu lagi bersaing dengan negara Asia Tenggara sebagai tuan rumah. Mereka kan sudah bisa mencetak pemain berkelas. Sedangkan Indonesia masih tahap berjuang. Sehingga diharapkan dipilihnya Indonesia menjadi tuan rumah bisa merangsang dan motivasi melalui kejuaraan dunia," ujarnya.

Dan dengan Stadion Manahan dijadikan sebagai salah satu venue, Walikota yang didampingi Ketua Askot PSSI Solo Paulus Haryoto  percaya sepakbola di Kota Solo juga akan ikut terkena efek positifnya.(Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00