• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

93 Mahasiswa Lintas Budaya Ikuti Temu Budaya UMS Surakarta

16 August
08:51 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Sebanyak 93 mahasiswa baik dari 3 negara asing dan lima provinsi lain di Indonesia mengikuti kegiatan Temu Budaya dan Galla Dinner MALIBU (Mahasiswa Lintas Budaya), Kamis (15/08/2019) malam, di Gedung Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Para peserta berasal dari Filipina, Malaysia, Thailand dan lima provinsi di Indonesia, yakni Bangka Belitung, Palu, Kendari, Jakarta dan UMS sebagai tuan rumah.

Dekan FKIP UMS, Prof Harun Prayitno mengungkapkan kegiatan Temu Budaya Malibu yang digelar ke IV tersebut digelar untuk mengenalkan keberbagaian kekayaan budaya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memahami bahwa perbedaan dan kebudayaan harus dijadikan sebagai perekat. Dan supaya mereka mengenal kekayaan budaya Indonesia," kata Prof Harun.

Usai mengikuti temu budaya dan gala dinner, mahasiswa peserta Malibu akan terjun ke sekolah-sekolah jenjang sekolah dasar fan sekolah menengah untuk mengajar selama satu bulan ke depan.

"Mereka terjun untuk membantu membranding sekolah, agar sekolah tersebut juga memiliki kekhasanahan kekayaan budaya. Nanti mereka mengajar sesuai kompetensi mereka seperti Matematika, Akuntansi dan lainnya," imbuhnya.

Mutiara, mahasiswa semester VI STKIP Bangka Belitung, mengaku senang bisa masuk dalam program Malibu.

"Senang bisa membagikan budaya Babel dan juga mengabdi ilmu kami pada sekolah - sekolah," tandas Mutiara, yang mempersembahkan tarian Pinang Sebelas.

Hal senada disampaikan Nguyen Thanh Nahn mahasiswa Dong Thap University (DThU) Vietnam, ia senang bisa belajar dan mengajar di sekolah Indonesia. Nahn bersama dua temannya dari Vietnam akan mengajar matematika di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00