• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

UMS Surakarta Gelar Grand Opening Masta Penyambutan Mahasiswa Baru

14 August
18:13 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) menggelar Grand Opening Masta Penyambutan Mahasiswa Baru 2019, Rabu (14/08/2019).

Acara yang digelar di depan Gedung Pasca Sarjana atau di belakang gedung Siti Walidah itu dilakukan Rektor UMS Prof Dr. Sofyan Anif dan dihadiri mantan Ketua Umum PP Muhamadiyah Din Syamsudin serta sebanyak 8.212 mahasiswa baru.

Saat memberikan sambutannya Din Syamsudin mendorong mahasiswa yang baru saja bergabung di bawah naungan perguruan tinggi tersebut untuk menjadi umat Islam berkemajuan. Sebab, hanya dengan itu umat Islam bisa memainkan peranan dalam peradaban dunia.

“ Jika umat Islam ingin penyumbang peradaban dunia haruslah menjadi umat berkemajuan. Kami akui saat ini dunia mengalami banyak kemunduran, dalam bidang pluralitas dan pendidikan. Kami juga bersyukur UMS bisa mengisinya dengan menjadi perguruan tinggi Islam terbaik dunia ,” ungkapnya.

Din Syamsudin yang memiliki latar belakang sebagai aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) itu juga mengajak mahasiswa untuk memahami Muhammadiyah secara benar.

Sebab, sampai saat ini masih saja ada orang yang menganggap Muhammadiyah sebagai organisasi nyeleneh, tidak sesuai Islam, dan membawa pemahaman lain soal Islam.

“ Kami mengajak  para mahasiswa untuk memahami  Muhamadiyah secara benar. Bahkan, ada yang berpendapat Muhammadiyah adalah agama baru di luar Islam ,” cetus Din.

Sementara itu Rektor UMS Prof Dr. Sofyan Anif mengemukakan, Masta merupakan tradisi penyambutan mahasiswa baru yang diprakarsai oleh IMM.

Selama kegiatan mahasiswa baru berlangsung akan diberikan berbagai materi agar lebih mengenal Muhammadiyah dan UMS.

“ Salah satu hal yang harus dipahami oleh setiap mahasiswa baru adalah UMS sebagai wacana keilmuan dan ke-Islaman dimana semboyan itu merupakan keunggulan UMS dari perguruan tinggi yang lain ,” pungkasnya.

Sementara terkait jumlah mahasiswa baru UMS tersebut, pihaknya mentargetkan pada tahun akademik 2019/2020 mendapatan sekitar 9 ribuan mahasiswa hingga batas pendaftaran pada 24 Agustus 2019.

Sedangkan jumlah mahasiswa secara keseluruhan UMS saat ini mencapai 34 ribuan dari 12 Fakultas dan 59 Program studi.

Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan alumni, Taufiq Kasturi, Ph.D, menjelaskan, Masta-PMB merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru UMS untuk mengenalkan dengan lingkungan, perkuliahan dan kehidupan kampus. Kegiatan Masta-PMB terdiri dari beberapa tahap, yaitu kegiatan universitaria dengan materinya umum universitas, kegiatan tentang organisasi IMM dan kegiatan terakhir Expo Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa).

“Kegiatan Masta ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru di UMS. Hal itu karena dalam mata kuliah life skill disyaratkan setiap mahasiswa harus memiliki sertifikat mengikuti Masta-PMB. Apabila tidak mengikuti rangkaian Masta-PMB mereka tidak akan lulus pada mata kuliah wajib tersebut,” tutur Taufiq. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00