• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

Milad PPMI Assalam Pabelan Kartosuro, Ditandai Bagi-Bagi Ribuan Ikan Patin Kepada Warga Sekitar

7 August
14:11 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Puncak peringatan ke 37 Milad Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalam Pabelan Kartosuro ditandai dengan jalan sehat yang diikuti ribuan peserta, Rabu (07/08/2019).

Jalan sehat dengan rute sekitar PPMI Assalam itu selain diikuti para santri , guru dan karyawan juga melibatkan warga sekitar.

Yang paling unik para peserta juga mendapatkan 3 kilogram ikan patin hasil panen para santri.  

 Ketua Umum Yayasan Majelis Pengajian Islam Surakarta Ahmad Syamsuri, mengatakan, kegiatan panen raya tradisi dua tahunan itu biasanya bersamaan dengan tahun baru hijriyah.

Namun pada tahun ini panen ikan Patin yang mencapai 6 ton 10 kg, setara dengan 5600 ekor itu bersamaan dengan Milad ke 37 yang jatuh pada 7 Agustus 2019 ini.

 “ Ya, ikan patin yang dibudidayakan di sekitar lokasi Ponpes itu merupakan ikan patin dengan kualitas bagus. Dipelihara sekitar 2 tahun di dalam kolam berukuran sekira 9 x 4 meter dengan kedalaman dua meter, “ ungkapnya.

Ahmad Syamsuri juga menyampaikan alasan pemilihan ternak ikan patin dibanding ikan lele karena ikan patin jarang dibudidayakan.

“ Ikan patin itu mudah dirawat, hanya diberikan makanan dari sisa limbah dapur Ponpes Assalam, sehingga ikan patin itu bebas zat kimia ,” cetusnya.

Lebih lanjut Ahmad Syamsuri juga mengatakan saat ini Ponps PPMI Assalam memiliki dua kolam sehingga pada tahun mendatang panen ikan pain dapat berlangsung satu tahun sekali.

Sementara Kepala Humas PPMI Assalam Qamaruddin, mengatakan bahwa rangkaian kegiatan tersebut bagian dari proses pendidikan sesuai visi lembaga dalam mewujudkan keseimbangan sepiritual, intelektual dan moral menuju generasi ulul albab.

“ Ya, ini sudah menjadi tradisi dari kami yang bagi-bagi ikan patin kepada warga skeitar. Sebab kami berada di daerah pemukiman,” ungkapnya.

Salah satu warga yang mendapat ikan gratis Naharudin mengaku senang. Acara bagi ikan gratis dalam peringatan Milad ke 37 Ponpes PPMI Assalam sejalan dengan program pemerintah yakni gemar makan ikan.

“ Senang dapat ikan patin dari Assalam. Karena ikan memiliki kandungan protein tinggi dan harganya terjangkau oleh masyarakat ,” cetusnya. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00