• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

Univet Bantara Sukoharjo Melepas 144 Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru

6 August
00:03 2019
1 Votes (4)

KBRN Sukoharjo : Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo melepas sebanyak 144 mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan periode pertama tahun 2019.

Acara pelepasan yang digelar di Hotel Brather Solo Baru Senin (05/08/2019) itu dilakukan Rektor Univet Prof Dr. Ir. Ali Mursyid, dihadiri Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Drs. Toni Harsan MH, dan koordinator PPG Univet Bantara Sukoharjo Dr. Farida Nugrahani M. Hum dan Ketua Yayasan Univet Bambang Margono.

“Sebelumnya mahasiswa dari berbagai daerah di Jawa Tengah itu menempuh pendidikan profesi selama satu semester atau 6 bulan di kampus setempat,” ungkap Koordinator PPG Dr. Farida Nugrahani M. Hum.

Menurutnya, dari 144 mahasiswa tersebut, untuk PGSD terdiri 103 mahasswa, Bimbingan Konseling 15, matematika 26 dan retaker tahun 2018 3 mahasiswa.

“Selama 6 bulan atau satu semester para peserta menyelesaikan 24 SKS. 3 bulan untuk daring, satu bulan kokakarya di kampus  satu bulan untuk PPL dan satu bulan lagi untuk ujian ,” tukasnya.

Dia juga mengatakan saat ini masih terdapat empat angkatan yang tengah melakukan berbagai kegiatan PPL di sekolah, lokakarta atau pembelajaran daring.

“ Univet pada tahun 2019 mendapatkan mandat dari Kemenristek Dikti melaksanakan PPG Dalam Jabatan sebanyak lima kali dalam satu tahun ,” cetusnya.

Sementara itu dalam sambutan pelepasan, Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid mengucapkan selamat kepada mahasiswa lulus Pendidikan Profesi Guru dan berhak menyandang guru profesional. Selanjutnya dapat teraktualisasi dalam kehidupan sehari-hari dan tingkah laku di sekolah harus sesuai dengan yang tertera dalam sertifikat guru profesional.

“ Mahasiswa lulusan PPG otomatis menjadi alumni Univet. Oleh karena itu kami berharap para alumni tetap menjaga nama baik Univet Bantara Sukoharjo ,” tukas Rektor.

Dekan Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan Univet Bantara Sukoharjo  Toni Harsan mengemukakan, sebelum menempuh pendidikan selama satu semester para mahasiswa PPG harus lolos seleksi yang digelar oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan.

“ Berdasarkan undang-undang sisdiknas dan undang-undang tentang guru dan dosen luusan guru meski sudah begelar S1 tetap belum dianggap  sebagai guru professional ,” cetusnya. (Edwi).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00