• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI

Butuh Riset Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pelaku UKM Terkendala Komunikasi Antar Stakeholder

22 July
22:49 2019
0 Votes (0)

KBRN,Surakarta: Jelang Revolusi Industri 4.0, para pelaku usaha khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) dinilai membutuhkan riset dalam setiap pengembangan usaha. Riset untuk mendongkrak daya saing usaha kedepan semakin ketat dengan berbagai perkembangan teknologi.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Surakarta David R Wijaya mengatakan,  pemanfaat hasil riset untuk kepentingan pengembangan UKM sangat besar. Namun dengan kondisi saat ini akan sangat sulit untuk para pelaku UKM melakukan riset sendirian. 

David mengungkapkan, biaya yang dikeluarkan untuk riset dan penelitian cukup besar, untuk itu perlunya kerjasama dengan Stakeholder lain seperti akademisi maupun pemerintah.

“Nah kalo kita bicara UMKM itu banyak kendala, akses pasar, biaya, SDM dan lain sebagainya. Ojo meneh mikir riset, mikir untuk bertahan eksis aja di tengah persaingan agak susah. Untuk itu perlu adanya eksistensi suatu organiasasi sebuah bisnis,” Katanya kepada RRI disela Forum Grub Discussion (FGD), Senin (22/7/2019).

Kurangnya komunikasi dan koordinasi para pelaku UKM dengan Stakeholder lainnya, menjadi kendala tersendiri dalam penerapan penelitian. 

"Kita lihat selama ini sebagian besar resaecr, di perguruan tinggi berhenti di kajian ilmiah. tanpa bisa di manfaatkan pelaku usaha, kalaupun ada mungkin sosialisasinya kurang, untuk itu perlunya sinergitas,” sambung David.

David mengatakan, untuk itu komunikasi perlu terus didorong antar steakholder melalui berbagai cara. Salah satunya forum grub discussion agar informasi dapat disalurkan kepada para pelaku usaha.

“Tugas kita bagaimana menyambungkan antara riset yang dilakukan institusi agar mereka pelaku riset, harus berorientasi pada kebutuhan pelaku UKM,” katanya.

Selain itu, pelaku usaha perlu memahami terkait revolusi industri 4.0 dengan belajar mengikuti perkembangan teknologi. Agar mampu bersaing dalam dunia usaha kedepan. Salah satunya memanfaatkan media sosial untuk media promosi.


“Sebenarnya bisa dimulai dengan hal kecil, bagaimana memanfaatkan instagram bagaimana memanfaatkan teknologi HP, yang semua orang memiliki. Itu sebetulnya yang perlu kita dorong agar bisa siap,” tandasnya.

Adapun Forum Grub Discussion pemanfaat hasil riset untuk kepentingan pengembangan UKM di Hotel Grand HAP Surakarta itu, diikuti puluhan pelaku UMKM, akademisi serta perwakilan Pemerintah Kota Surakarta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00