• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

Hibah UKM Sebagai Motivasi Mahasiswa Untuk Mengembangkan Keilmuannya.

27 February
14:01 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Hibah Unit Kegiatan Mahasiswa UKM meski baru disosialisasikan, oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, namun memberikan secercah harapan bagi  Perguruan Tinggi Swasta PTS. Hal itu disampaikan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti kepada wartawan , di sela Pelantikan Pengurus 10 UKM yang berlangsung hari ini (27/2/2019) di Balai Muhammadiyah Surakarta.

Dikatakan, dengan hibah UKM yang besarannya belum diketahui, setidaknya akan memberikan semangat dan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan  program lebih bervariasi dan berkualitas, yang selama ini diakuinya karya ilmiah mahasiswa belum menampakkan variasi dan inovasinya, dan lebih sering berkompetisi di internal kampus. Untuk itu, pihaknya sangat berharap pada Himpunan Mahasiswa, karena sesuai regulasinya, proposal Hibah UKM yang diajukan,  harus melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi.

"usulan itu oleh masing-masing UKM , KSR bisa, Himaper bisa, pengajuannya himpunan atau organisasi, bukan kelompok, perorangan , kami berharap mahasiswa yang sudah dilantik bisa memberikan warna yang lebih berwarna lagi, kegiatan tidak hanya di internal tetapi bisa berkompetisi lewat proposal kreativitas dan inovasi mereka di tingkat nasional," harapnya.

Weni Hastuti berharap, dari 10 UKM yang ada, setidaknya 2 UKM ditargetkan mampu meraih hibah UKM dari Kemenristekdikti, masing-masing UKM Korps Sukarelawan KSR yang telah  memiliki prestasi tingkat propinsi, juga Himagizi  yang telah berhasil memenangkan pembiayaan Program Kreativitas Mahasiswa PKM melalui inovasi teknologi pangan, meski belum mampu menembus Pekan Ilmiah Mahasiswa.

Ketua III STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta , Mintarsih menambahkan,  121 mahasiswa yang dilantik sebagai pengurus 10 UKM diharapkan segera bekerja menyusun program kerja dalam satu tahun mendatang. Pihaknya sangat berharap mahasiswa dalam UKM mampu mengembangkan keilmuannya, karena melalui UKM diberikan wadah bagi kreativitas mahasiswa baik berupa Seminar, Bedah Buku, Pelatihan , Workshop dan budaya akademis lainnya.(Dyah Supono)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00