• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

Edutrip ke Sekolah di Luar Negeri Berikan Pengalaman Berharga Kepada Siswa.

25 February
15:47 2019
0 Votes (0)

KBRN Surakarta : Program Edutrip ke sekolah di Luar Negeri, memberikan pengalaman berharga  bagi siswa , karena dapat melihat dan mengalami secara langsung, kultur ketertiban, kedisiplinan dan kemajuannya. Hal itu disampaikan Kepala  SMP Muhammadiyah Program Khusus Muhdiyatmoko kepada RRI hari ini (Senin 25/2/2019) di Sekolah setempat, terkait Program Edutrip ke Malaysia dan Singapura yang diikuti 90 siswa sekolah setempat.

Menurutnya, para siswa dengan belajar ke sekolah di luar negeri, juga menambah wawasan global internasionalnya, termasuk tentang inovasi , bukan hanya di  sekolah tetapi juga di sejumlah destinasi wisata. Untuk itu, sebagai sasaran edutrip pihaknya memiliki Sekolah terbaik di negaranya, seperti  Sekolah Menengah Kebangsaan Agama SMKA Maahad Hamidah Malaysia dan  di Singapura , Madrasah Al Arabiah Al Islamiah.

"   ada beberapa sekolah yang terbaik, bisa untuk kita kunjungi untuk belajar, misalnya SMKA Maahad Hamidah Malaysia dan Madrasah Al Arabiah Al Islamiah Singapura, bisa untuk belajar anak-anak SMP Muhamdiyah PK, tentang kedisiplinan, karakter, prestasi dan sebagainya," jelasnya.

Edutrip di sekolah negara serumpun juga  untuk mengetahui pengalaman dan nilai-nilai positif terhadap kultur kemajuan di  negara lain.

Wakil Kepala Sekolah bidang kehumasan SMP Muhammadiyah PK kota Surakarta, Aryanto menambahkan, selain berinteraksi dan mengamati kegiatan  siswa Sekolah di 2 Negara tersebut, para siswa Klas VIII,  juga unjuk kebolehan menampilkan budaya lokal berupa tarian tradisi dan pencak silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah. Selama 4 hari mengikuti Edutrip , para siswa juga mengunjungi  Objek Wisata, di antaranya batu Caves, Cable Car genting Highland, dan belanja di sungai Wang Malaysia, sedangka di Singapura mengunjungi Merlion Park, Garden by the Bay , Universal Studio Singapura dan perusahaan air minum New Water. Sesampai di Sekolah Siswa diwajibkan menulis pengalamannya dan dipresentasinya kepada siswa lainnya.(Dyah Supono)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00