• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & HAM

Lapas Over Kapasitas Hingga 400 Persen, Rawan Terjadi Gesekan Emosional dan Penularan Penyakit

27 February
21:02 2020

KBRN, Surabaya : Over kapasitas penghuni di Lembaga Pemasyarakatan seperti belum menemukan solusi tepat. Tidak adanya lahan untuk pembangunan lapas baru menjadi masalah utama bagi kemenkumhan,hal ini menjadi perhatian khusus bagi petugas lapas Sidoarjo.

Lapas Kelas llA Sidoarjo, Jawa Timur masih mencari solusi tepat untuk mengurangi over kapasitas penghuni dari kapasitas normal kamar yang semestinya. Kapasitas penghuni kamar secara keseluruhan di LP kelas dua A Sidoarjo normal nya 374 orang, namun kini dihuni sebanyak 1208 orang kenaikan ini hampir 400% dari kapasitas normal.

Mufhakom, Kasie Binadik Lapas kelas IIA Sidoarjo mengatakan, over kapasitas lapas ini menjadi perhatian bagi petugas lapas,beberapa persoalan seperti penyakit kulit dan gangguan psikologis juga rentan terjadi hingga gesekan emosianal diantara rekan sekamar juga terkadang terjadi namun petugas yang selalu mengawasi membuat hal itu sangat jarang terjadi di LP Delta Sidoarjo.

Mufhakom menambahkan, dampak dari over kapasitas ini seperti Gesekan emosional perkelahian sangat rentan terjadi hal itu di karenakan dalam satu kamar dihuni oleh 70 orang dan dijaga oleh satu penjaga namun hal ini tetap dimaksimalkan tingkat kewaspadaan akan kejadian yang tidak diinginkan.

"Dampak over kapasitas ini juga berimbas dari segi kesehatan yang diatakutkan penyebaran penyakit kulit yang sangat mudah terjadi karena banyaknya penghuni rutan yang kurang menjaga kebersihan," imbuhnya kepada RRI, Kamis (27/2).

Langkah yang sudah diambil oleh Kemenkum HAM sudah dijalankan namun over kapasitas masih belum teratasi. Beberapa program diantaranya seperti pemindahan WBP ke Lapas lain yang masih ada kelonggaran kapasitas dan melalui percepatan pembebasan bersyarat.

  • Tentang Penulis

    Januar Fahmi

    Kontributor RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

00:00:00 / 00:00:00