• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji & Umrah

Kemenag Kabupaten Kediri Sosialisasi Maklumat Penangguhan Umroh Dan Ziarah Sementara

27 February
20:07 2020
0 Votes (0)

KBRN, Kediri: Kantor Kemenag Kabupaten Kediri memberikan sosialisasi terhadap masyarakat di wilayah kerjanya, seiring dimulainya kebijakan Pemerintah Arab Saudi tentang Maklumat Penangguhan Sementara Umroh dan Ziarah ke Masjid Nabawi bagi semua peziarah di penjuru dunia. Kebijakan yang dikeluarkan pada hari ini, sebagai upaya Pemerintah Arab Saudi guna mengatasi wabah Virus Corona.

"Dikeluarkannya kebijakan Pemerintah Arab Saudi ini, merupakan langkah yang diambil untuk pencegahan wabah Virus Corona. Ketentuan ini berlaku bagi semua peziarah yang akan datang ke Masjid Nabawi dan mereka yang hendak Umroh," kata Kepala Seksi Penyelenggara Umroh Dan Haji (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Kediri, Aziez Oestman, di Kabupaten Kediri, Kamis (27/2/2020).

Menurutnya, imbauan tersebut tak hanya dibagikan kepada masyarakat. Tapi, juga dipublikasikan untuk semua biro perjalanan umroh di daerahnya.

"Penyebabnya, biro perjalanan inilah yang berwenang mengurusi masalah umroh. Jadi kami juga memintanya untuk memahami dikeluarkan Maklumat Penangguhan Sementara Umroh dan Ziarah ke Masjid Nabawi dari Pemerintah Arab Saudi tersebut," katanya.

Di sisi lain, tambah Aziez, sampai sekarang Kantor Kemenag Kabupaten Kediri hanya melayani permohonan rekomendasi paspor calon jemaah umroh. Dengan demikian, pihaknya meyakini berlakunya Maklumat ini tidak akan berpengaruh pada pelayanan tersebut.

"Kebijakan itu, dapat berubah kapan saja. Misalnya, lima bulan atau satu tahun, atau saat terjadinya wabah virus corona. Jadi layanan permohonan paspor calon jemaah umroh tidak akan terganggu," katanya.

Mengenai tren permohonan paspor umroh, sesuai data Kantor Kemenag Kabupaten Kediri, jumlahnya bakal meningkat pada bulan Ramadan. Hal ini lantaran banyak masyarakat yang menilai, momentum itu adalah bulan penuh rahmat sehingga dianggap sangat istimewa.

"Walau begitu, banyaknya permintaan rekomendasi ke tempat kami masih sama seperti hari normal. Jumlahnya sekitar kurang dari lima orang pemohon, sedangkan permohonan sendiri biasanya datang dari biro perjalanan secara kolektif," katanya.

Di lokasi berbeda, Afif, selaku Kasubsi Informasi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri, merinci, sesuai data per hari ini, jumlah pembuatan paspor untuk keperluan umroh selama Januari ada sebanyak 1.216 paspor, sedangkan bulan Februari mencapai 658 paspor. (ac)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00