• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Umum

Diduga Jadi Penyebab Banjir, Warga Tolak Upaya Minarak Gas Brantas Normalisasi Sungai

24 February
15:10 2020

KBRN, Surabaya : Banjir yang genangi dua Desa di tanggulangin Sidoarjo, kini sudah menginjak hari ke 50. Berbagai upaya telah di lakukan oleh Pemerintah setempat, Minarak Gas Brantas yang tengah melakukan pengeboran baru di Kedungbanteng juga ikut andil dalam upaya mengatasi banjir yang hampir dua bulan ini.

Pemkab Sidoarjo menuturkan, normalisasi sungai dan penertiban bangunan liar adalah upaya utama yang harus segera terralisasi. Upaya ini dirasa menjadi jalan utama untuk mengalirkan aliran sungai yang meluber dan pendangkalan di beberapa titik pada dua Desa tersebut.

Normalisasi sungai di Banjarasri yang alami pendangkalan dan terkesan buntu ini,rencananya akan dilakukan oleh Minarak Gas Brantas di bantu oleh BPBD dan Dinas terkait yang akan dilakukan pada Hari Selasa (25/02/2020) menuai ponolakan dari beberapa warga Banjarasri.

Abdul Manab (46), selaku ketua RT 03 Banjarasri mengatakan, alasan beberapa warga yang menolak normalisasi dikarenakan,wilayahnya takut terendam banjir jika sampai dam atau sungai yang sengaja di sumbat warga sekitar dibuka. Disamping itu Abdul Manab menuturkan, salah satu warga yang ikut menolak upaya normalisasi sungai menyampaikan

"Urus saja dulu kedungbanteng kalok sudah beres banjarasri juga beres," tegasnya.

Saat dikonfirmasi Iwan salah satu Humas Minarak Gas Brantas mengatakan, saat ini kita sedang melakukan mediasi dengan Tokoh warga dan beberapa pejabat Desa setempat untuk melakukan normalisasi sungai pada hari selasa, 25 Februari 2020, besok.

"Bagaimanapun banjir yang genangi dua Desa ini harus segera teratasi Saya tidak mau Minarak Gas Brantas menjadi luapan emosi warga karena di duga jadi penyebab banjir," ujar Iwan.

Sebelumnya diketahui Minarak Gas Brantas merupakan perusahaan minyak yang melakukan aktivitas pengeboran baru di Desa Kedungbanteng dengan luas 2,5 ha yang sebelumnya adalah lahan pertanian. (jf)

  • Tentang Penulis

    Januar Fahmi

    Kontributor RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

00:00:00 / 00:00:00