• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik & Pemerintahan

PMII: Calon Independen Bisa Jadi Alternatif Bagi Para Pemilih di Pilkada 2020

23 February
12:55 2020

KBRN, Surabaya : Kemunculan calon perseorangan dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Sidoarjo 2020 akan memberikan alternatif pilihan bagi para pemilih. Ada beberapa cabub dan cawabub yang maju melalui jalur perseorangan merupakan hal positif dalam memberi banyak pilihan, terutama kepada pemilih yang sudah jenuh dengan partai politik.

Dari pengalaman Pilkada dibeberapa daerah kandidat independen belum mendapat kepercayaan publik secara luas, beda dengan daerah yang kental dengan unsur kerajaan kemunculan calon perseorangan atau independen mampu mengalahkan kandidat yang diusung oleh partai politik.

Wakil Ketua I PC PMII Sidoarjo sahabat Fahmi Rizal mengatakan, ada banyak faktor yang menjelaskan mengapa calon perseorangan kurang kompetitif, yang pertama, keterbatasan mobilisasi untuk menggalang dukungan publik, biasanya para calon memiliki keterbatasan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan politik.

"Tidak ada struktur tim politik yang stabil, kondisi ini berbeda dengan partai politik yang memiliki kader di setiap desa hingga pelosok," ujar Rizal, Minggu, (23/2).

Untuk menggerakkan mesin politik tersebut membutuhkan investasi politik yang tidak murah atau biaya politiknya terlalu tinggi sehingga perlu penguatan figur kandidat yang populer sekaligus memiliki tingkat dukungan yang tinggi. ketidakkonsistenan dukungan KTP yang didapatkan sebagai syarat saat pencalonan dengan dukungan aktual di TPS tidak otomatis sama.

"Artinya, bisa saja dukungan KTP sekitar 10.000 pendukung tapi pada hasil akhir malah suara kandidat independen di bawah itu. Dalam hal ini kemungkinan figur tidak cukup kuat secara popularitas dan elektabilitas," imbuh Rizal.

Oleh karena itu, Rizal mengatakan perlu kerja ekstra keras agar mampu bersaing dalam Pilkada 2020. jika regenerasi politik berjalan baik dan semestinya para calon cabub dan cawabub di Sidoarjo memiliki potensi yang cukup memadai dan mampu bersaing dengan para calon yang diusung oleh partai politik. (jf)

  • Tentang Penulis

    Januar Fahmi

    Kontributor RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

00:00:00 / 00:00:00