• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Umum

Emil Dardak Menyanyi Lagu Jepang, Hadirin Kompak Tepuk Tangan

21 February
15:06 2020

KBRN, Surabaya : Lantunan lagu Summer dalam bahasa Jepang yang dinyanyikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak di peringatan Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang Naruhito ke 60 di Grand Ball room hotel JW.Mariot tadi malam (20/2/2020) mendapat tepuk tangan meriah hadirin undangan.

Sebelumnya Emil mengatakan ia sering melantunkan lagu itu saat kuliah di Jepang selama 3 tahun. Bahkan ia akui sering mengisi waktu luangnya dengan menyanyi di cafe untuk cari tambahan uang jajan.

Hut perayaan 60 tahun usia Kaisar Naruhito yang lahir tanggal 23 Februari itu, tidak hanya dirayakan di Jepang, tapi juga di seluruh penjuru dunia melalui Konsulat Jendral dan Kedubes di masing masing negara.

Di kota Surabaya, konjen Surabaya Tani Masaki mengundang sejumlah pejabat penting pemerintah, para konsul jendral negara sahabat, pengusaha Jepang di Indonesia, media massa serta para alumni jepang untuk mendoakan sang Kaisar.

Dalam sambutannya, Tani Masaki menyebutkan hubungan Jepang dan Kota Surabaya sudah terjadi sejak 100 tahun yang lalu.Tani Masaki menyebut ada 800 orang Jepang tinggal di Jatim, dan 30 ribuan warga Jawa Timur berkunjung ke Jepang tahun lalu.

Sementara itu Emil mengaku sangat gembira dengan hubungan baik ini.
Jatim sendiri dikatakan Emil sudah menjalin sister provinci dengan Osaka dan berharap akan berdampak pada kesejahteraan warga Jawa Timur kedepan.

Khusus untuk sang Kaisar ,wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mengucapkan selamat.

"Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk Kaisar Naruhito, dan mudah-mudahan persahabatan kita semakin erat,” ujarnya.

Wagub Emil mengungkapkan kebahagiannya melihat terus meningkatnya hubungan antara Indonesia-Jepang, terlebih lagi Jatim-Jepang. Dari sektor perekonomian, tercatat hingga triwulan III tahun 2019, nilai total realisasi investasi Jepang di Jatim mencapai USD 1,8M atau Rp. 24,8T. Nilai tersebut juga disertai dengan kinerja perdagangan Jatim-Jepang tahun 2015-2019 yang mengalami surplus. 

“Kita melihat bahwa hubungan secara ekonomi sangat baik antara Jatim dan Jepang. Serta kita juga memiliki perdagangan yang baik dengan Jepang,” ungkapnya.

Selain kerjasama dalam sektor ekonomi, Wagub Emil menuturkan jika sesungguhnya Jatim dan Jepang memiliki kemiripan dalam beberapa aspek, terutama culture yang mengakar di kedua wilayah. Oleh sebab itu sejak tahun 2014, Jawa Timur telah menjadi Sister Province dengan Osaka yang tentunya semakin membuka peluang kerjasama antar kedua wilayah.

“Mudah-mudahan Sister Province ini akan terus berlanjut membawa manfaat seperti pengiriman guru bahasa Jepang di Jatim dalam program NIHONGO yang telah dimulai pada 2016 lalu,” tutur orang nomor dua di Jatim itu.

Selain pengiriman guru bahasa Jepang, program pertukaran pelajar SMA juga menjadi salah satu program unggulan yang telah dimulai pada 2014 lalu. Dengan adanya pertukaran tersebut interaksi kebudayaan antar keduanya semakin sering berlangsung. Seperti halnya tari-tarian yang sering digelar di masing-masing wilayah. 

“Saya harap akan ada pertukaran budaya yang lebih banyak lagi yang bisa kita lakukan,” tambahnya.

Menyambut ucapan selamat Wagub Emil, Konsulat Jenderal Jepang untuk Surabaya Tani Masaki dalam sambutannya berterima kasih atas kedatangan Wagub Emil dalam HUT Kaisar Naruhito malam itu. Dirinya juga berharap bahwa persahabatan Jatim-Jepang yang telah terbangun selama ini bisa terus meningkat.

"Dari paralimpiade di Tokyo nanti akan lahir banyak pertukaran. Misalnya masyarakat Jepang yang ada disini bersama masyarakat Indonesia dapat menikmati dan mendukung para atlet kedua negara," ujar Konjen Tani Masaki yang hadir bersama istrinya. 

Dirinya juga melaporkan jika hingga saat ini tercatat setidaknya 800 orang warga negara dan 150 perusahaan asal Jepang yang terpencar di seluruh Jatim. Hal itu diharapkan bisa terus meningkat di masa depan.

Sementara itu, perayaan ulang tahun Kaisar sendiri jatuh pada tanggal 23 Februari. Tahun ini merupakan ulang tahun pertama bagi Kaisar Naruhito di era "Reiwa" dimana sejak tanggal 1 Mei 2019 dinobatkan sebagai Kaisar. 

00:00:00 / 00:00:00