• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

KPPU Sosialisasi Persaingan Usaha Sehat di Unitomo Suroboyo

21 February
13:46 2020
1 Votes (5)

KBRN, Surabaya: Komisi Pengawas Persaingan Usaha KPPU hari ini Jumat, (21/2/2020), di Ruang R. Soemantri Gd. A (Rektorat) lt. 3 Unitomo menggelar Sosialisasi  Persaingan Usaha tema Kemitraan Sehat, Sejahterakan Rakyat.

Kegiatan sosialisasi kepada mahasiswa ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan pelanggaran Undang-Undang No.5 / 1999 & meningkatkan pemahaman tentang Persaingan usaha yang sehat. 

Kodrat Wibowo, Komisioner KPPU-RI, dalam paparannya menjelaskan, mendukung para mahasiswa untuk menjadi pengusaha, tanpa harus melanggar Undang-undang Persaingan Usaha. Undang-undang No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UU LPMPUTS) ini diciptakan pemerintah sebagai jawaban dari kegusaran masyarakat yang tak mampu bersaing di era orde baru karena tidak adanya kesempatan berusaha yang sama. 

“Undang-undang ini mengubah ekonomi nasional di Indonesia, dengan satu tujuan, yakni kesejahteraan. Ekonomi menjadi lebih efisien. Di mana setiap orang memiliki hak yang sama untuk memperoleh keuntungan, tanpa merugikan pihak lain,” jelasnya.

Menjadi pengusaha, lanjut Kodrat, harus sehat dan tidak melanggar UU LPMPUTS, di mana salah satu tujuan UU ini adalah untuk menjaga kepentingan umum & meningkatkan efisiensi nasional untuk  mensejahterakan rakyat, serta efektivitas dan efisiensi kegiatan usaha.

Sementara itu, menyinggung perlindungan kemitraan, Ia mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membuat perjanjian kemitraan mereka secara tertulis. Hal ini sebagai bentuk perlindungan dalam kemitraan terhadap pelaku UMKM, dan upaya membangun kemitraan yang adil dan seimbang. Perjanjian tertulis ini memuat kegiatan usaha, hak dan kewajiban masing-masing pihak, pola pengembangan, jangka waktu, dan penyelesaian penyelisihan.

“Perjanjian kemitraan hendaknya dibuat secara tertulis untuk menghindari ketidakseimbangan posisi tawar. Jika sudah ada kami akan review apakah ada potensi penguasaan atau tidak,” kata Kodrat dalam paparannya.

Hadir sebagai Narasumber pagi ini Kodrat Wibowo (Komisioner KPPU-RI), Dendy R. Sutrisno (KaKanwil IV) dan Meithiana Indrasari (Akademisi/ Warek IV Unitomo).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00