• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Kembangkan Ekonomi Berbasis Pertanian, PCNU Dan PT SMS Berbagi Bibit Sengon

18 February
19:39 2020

KBRN, Kediri: Untuk mengembangkan ekonomi berbasis pertanian bagi masyarakat, PCNU Kota Kediri terus berupaya menghadirkan program yang bermanfaat. Oleh karena itulah, lembaga tersebut bersinergi dengan PT Sukses Mitra Sejahtera (SMS) Kediri, dan menggelar Penyerahan Bantuan 5.000 bibit pohon Sengon, di Ponpes Salaffiyah, Kelurahan Bandar Kidul, Kota Kediri, Selasa (18/2/2020).

"Kenapa bibit Pohon Sengon, ini karena nilai keekonomiannya ke depan sangat tinggi. Untuk persediaannya, kami siap menyalurkan berapa pun, termasuk sampai 15.000 bibit juga bisa. Namun, pada tahap pertama ini kami lihat respon warga dulu, melalui PCNU Kota Kediri dan di acara ini kami telah berikan bantuan bibit secara gratis sebanyak 5.000 bibit," kata Lutfy Jauhari, General Manager PT SMS Kediri, saat menggelar serah terima bantuan bibit Pohon Sengon, di Ponpes Salaffiyah, Kelurahan Bandar Kidul, Kota Kediri, Selasa (18/2/2020).

Menurutnya, secara umum pembagian bibit pohon ini, bukan berorientasi bisnis. Akan tetapi, merupakan program sosial dan demi meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menanam pohon. Hal ini sesuai dengan slogan, 'Dalam satu pohon yang ditanam, ada seribu kehidupan menanti'.

"Ke depan, kami berpesan kepada para penerima agar memperhatikan pola tanam dan pemupukan yang benar. Untuk Pohon Sengon ini, jarak tanam antar pohon yang ideal adalah 2 meter x 3 meter, sehingga tiap pohon ini tidak sampai berebut cadangan makanan di dalam tanah," katanya.

Di lokasi sama, Ketua PCNU Kota Kediri, KH Abu Bakar Abdul Jalil menambahkan, bahwa acara ini merupakan upaya PCNU dalam memberi sumbangsih terhadap perkembangan sektor pertanian. Kondisi ini selaras dengan Program 'Ngaji Tani' yang kini dilaksanakan PCNU di berbagai titik.

"Dengan cara ini pula, kami ingin membantu masyarakat meningkatkan amal kepada sesama. Apalagi, tiap menanam satu bibit pohon, maka ia bisa menambah tingkat oksigen yang dibutuhkan manusia. Pesan saya, nanti saat menanam jangan lupa berdoa, agar bibit ini bisa bermanfaat bagi semuanya," katanya.

Sementara itu, Sekretaris LPP NU Kota Kediri, drh. Pujiono, melanjutkan, kerja sama dengan PT SMS Kediri ini diharapkan bisa berlanjut pada tahap berikutnya. Apalagi, jika melihat besarnya respon masyarakat Kediri, baik di Kota maupun Kabupaten terhadap permintaan bibit Pohon Sengon ini.

"Tadi, pada tahap pertama penyerahan bantuan Bibit Pohon Sengon, PT SMS Kediri memasok sekitar 5.000 bibit. Alhamdulillah, sudah habis dan diambil oleh sejumlah penerima manfaat," katanya.

Sebagai informasi, pada kegiatan ini, ada puluhan penerima manfaat bibit Pohon Sengon, di Kabupaten Kediri dan Kota Kediri. Mereka berlatar belakang dari berbagai profesi kmasyarakat, seperti petani, anggota Fatayat NU, dan masyarakat umum.

Lalu, untuk mendapatkan bibit ini, sebelumnya mereka mendaftarkan identitas ke panitia, mengirimkan foto KTP elektronik, serta memberitahukan luas lahannya, sehingga bisa diperkirakan jumlah bibit yang akan diterima.

Mengenai pemberian bibit, lanjut Pujiono, jumlah yang diberikan disesuaikan dengan besaran areal yang dimiliki tiap masyarakat. Misalnya, ada yang per orang mendapatkan puluhan bibit hingga 1.000 bibit per orang. (ac)

00:00:00 / 00:00:00