• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Asita Jatim : Wabah Corona Pukul Bisnis Perjalanan Wisata

17 February
12:01 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya: Association of The Indonesia Tours and Travel (Asita) Jawa Timur meminta pemerintah memberikan perlindungan terhadap semua wisatawan asing termasuk dari China dalam menyikapi isu virus corona.

Ketua Dewan Tata Krama Asita Jatim, Nanik Sutaningtyas mengatakan wisatawan mancanegara sangat berperan terhadap industri pariwisata Tanah Air termasuk di Jawa Timur. Dia mengatakan berita virus corona sebenarnya juga akan berdampak pada kunjungan pariwisata, bukan hanya di Jatim tetapi juga seluruh Indonesia. 

Dampak penyebaran virus corona di China atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT) ikut berpengaruh pada sektor pariwisata, terutama bisnis travel. bisnis travel sangat terpukul dengan dampak virus corona tersebut akibat dibatasinya penerbangan ke luar negeri, termasuk ke China. Group tour dari dan ke Indonesia untuk ke China telah membatalkan keberangkatannya.

"Pengaruh Virus Corona ini melemahkan bisnis pariwisata bukan hanya bisnis perjalanannya saja. Bali saja terpukul. Di Jawa Timur pengaruhnya cukup lumayan baik outbond inbond apalagi wisatawan China banyak."jelas Nanik, Senin, (17/2/2020).

Meski demikian, Nanik optimis bisnis pariwisata dan perjalanan wisata akan tetap positif meski di awal tahun terpukul oleh wabah Corona. 

"Masih banyaknya peluang pariwisata dalam negeri, sektor MICE yang masih bagus, banyaknya pertemuan - pertemuan di dalam negeri, menjadikan Kami tetap optimis."tegas Nanik. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, tingkat kunjungan wisman ke Jatim melalui Bandara Internasional Juanda pada periode Januari- November 2019 mencapai 227.659 kunjungan. Jumlah itu turun 22,54% dibandingkan periode sama 2018 yang mencapai 293.920 kunjungan.

Dari data tersebut, China merupakan negara ketiga terbesar setelah Malaysia dan Singapura yang berkunjung ke Jatim. Tercatat pada periode Januari – November 2019, wisman China mencapai 22.019 orang. Jumlah wisman China naik 77,63% dibandingkan Januari – November 2018 yang hanya 12.369 orang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00