• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Dukung Tol Laut dan Wisata BTS, Jatim Kembangkan Pelabuhan Tanjung Tembaga

14 February
14:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Arus lalu lintas via jalur laut diharapkan semakin mudah di Jawa Timur, dengan pengembangan pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut, pelabuhan ini bisa menjadi pendukung kebijakan tol laut pemerintah pusat.

"Kita berharap, tol laut dapat menemukan titik titiknya," ujar Khofifah disela penandatanganan prasasti pengembangan Pelabuhan Tanjung Tembaga, Jumat (14/2/2020).

Selain itu, pelabuhan ini, selain mampu mendorong peningkatan perekonomian, juga diharapkannya dapat mendorong sektor pariwisata. Akan semakin banyak akses untuk menuju ke Probolinggo yang menjadi salah satu kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS).

"Kebetulan ini masuk di dalam perpres 80/2019. Nah di dalam lampiran Perpres ini memang antata BTS dan Tanjung Tembaga beda item," imbuhnya.

Tapi, lanjut Khofifah, antara BTS dan pelabuhan tersebut, harus terkoneksi, karena BTS salah satu dari tiga prioritas di perpres. Tiga prioritas itu Gerbangkertasusila, BTS, selingkar wilis dan lingkar selatan.

"Khusus BTS sudah kordinasi dengan Mentrri Bappenas, Menteri Pariwista termasuk di dalamnya dengan kordinator BTS-nya," tambahnya.

Pemprov juga kordinasi dengan Menyeri KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) terutama yang terkait untuk TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

"Pada posisi ini semuanya harus nyekrup, jadi rencana induk pariwistaa Indonesia yang sedang dirancang Bappenas harus nyekrup dengan Menteri Pariwistaa dan KLHK dan TNBTS," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Nyono mengutarakan, mulanya pelabuhan Tanjung Tembaga dibangun untuk membackup pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Namun kini telah beroperasi, dan melayani kapal sebanyak 65 unit per bulan.

"Pelabuhan Probolinggo melayani bongkar Row Sugar dan Tepung Tapioka dari Thailand," ucapnya.

Nyono mengharapkan, pelabuhan ini sebagai pusat logistik di Jatim, bahkan nasional. Serta bisa melayani kapal pesiar dari berbagai negara, sehingga mendukung sektor pariwisata di BTS.

00:00:00 / 00:00:00