• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Umum

Perpustakaan Kota Madiun Raih Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional

13 February
12:51 2020

KBRN, Madiun : Perpustakaan Kota Madiun mendapat akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI. Penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim, Abdul Hamid kepada Walikota Madiun, Maidi, saat kegiatan pembukaan kunjungan rumah pintar dan kelas literasi di gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun, Kamis (13/2/2020).

Maidi mengatakan, selain perpustakaan milik pemkot, tahun ini ada tiga perpustakaan lain yang juga mendapat predikat A. Masing-masing SMA 3 Taruna Angkasa Jatim di Madiun, SMPN 11 dan salah satu SD Negeri di Kota Madiun. Hingga saat ini secara keseluruhan ada 9 perpustakaan di Kota Madiun yang mendapat pengakuan atau akreditasi, A, B dan C.

Menurut Maidi, setiap hari banyak perubahan yang terjadi pada ilmu pengetahuan. Sedangkan ilmu pengetahuan salah staunya bersumber dari perpustakaan. Karenanya akreditasi penting, sebab siapapun yang membaca buku di perpustakaan tentunya akan dapat mengikuti semua perubahan yang ada

“Akreditasi perpustakaan kita A kemudian ada juga sekolah yang dapat A. Artinya standarisasinya sudah bagus. Target kedepan, semua sekolah yang ada perpustakaannya harus akreditasi A,” ungkap Maidi.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim, Abdul Hamid mengungkapkan, ada sejumlah indikator penilian agar perpustakaan mendapatkan akreditasi A. Diantaranya memiliki sarana prasarana memadai. Termasuk fasilitas penunjang untuk kegiatan pendidikan anak usia dini (Paud) di perpustakaan daerah. Kemudian tingkat kunjungan serta berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca buku.

“Itu semua akan kita lombakan karena kalau kita berbicara perpustakaan itu bukan hanya sekadar kumpulan buku, tetapi tempat gudang ilmu sesuai dengan bidangnya masing-masing. Makanya ada literasi enterpreneur, listerasi pembangunan, ada macam-macam. Oleh karena itu kita galakkan. Saya salut lihat Madiun terutama walikotanya yang konsen terhadap kemajuan-kemajuan ini,” paparnya.

Abdul Hamid menyebut, walaupun sudah mendapat predikat A, ada PR yang harus dipenuhi pemkot. Yakni meningkatkan sarpras pendukung, termasuk membuat kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat cinta buku. Bisa buku manual maupun digital. Harapannya, minat masyarakat untuk membaca buku tinggi. Apalagi, di Jatim seluruhnya terdapat 27.688 unit perpustakaan.


  • Tentang Penulis

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

  • Tentang Editor

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

00:00:00 / 00:00:00