• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Umum

Sukseskan Bulan K3 Nasional, PLN Group Jawa Timur Wujudkan Kemandirian Budaya K3

12 February
16:21 2020
1 Votes (5)

KBRN, Surabaya: PLN Group Jawa Timur, terdiri dari PLN UID Jawa Timur, PLN UIP JBTB I & II, PLN UIT JBTB, PT PJB menggelar Apel Gabungan Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Nasional, Rabu (12/02/2020) di GKB Convex, Gresik sebagai puncak dari serangkaian kegiatan untuk menyukseskan Bulan K3 Nasional tahun 2020. 

Hadir dalam apel gabungan ini General Manager PLN Group Jawa Timur, Direktur Operasi 2 PT PJB, Bupati Gresik yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda Jawa Timur, Perwakilan Dinas Keteganakerjaan & Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, berserta jajaran Muspida Kabupaten Gresik & Manajemen PLN Group Jawa Timur, juga tamu undangan.

Tampil sebagai komandan apel adalah Parianto, perwakilan dari PT PJB dan berperan sebagai Pembina apel, General Manager PLN UIT JBTB, Suroso. Dalam amanat Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah yang dibacakan oleh Suroso, menyebutkan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja menghadapi dunia ketenagakerjaan semakin kompleks, diperlukan strategi pengendalian yang efektif, efisien dan inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja & penyakit akibat kerja. 

"Terobosan dan inovasi serta pengendalian juga pengembangan SDM sangat diperlukan untuk membentuk budaya dan kemandirian dalam K3 sesuai era revolusi industry yang berbasis teknologi. Soal nyawa dan kesehatan serta keselamatan jiwa manusia adalah yang utama, safety first. Karena uang bisa dicari, karir bisa dikejar, namun keselamatan & kesehatan tak tergantikan."kata Suroso.

Tidak hanya pelaksanaan apel gabungan, dalam kesempatan tersebut pun dilaksanakan parade pasukan dari PLN Group Jawa Timur yang menyimulasikan pekerjaan dalam keadaan bertegangan sentuh langsung & tegangan esktra tinggi, pemasangan konstruksi, pemeliharaan gardu induk hingga fire rescue sesuai dengan standar operating system (SOP) baku,  penggunaan kelengkapan alat pelindung diri (APD) serta mengutamakan kesehatan & keselamatan kerja. 

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu undangan dan masyarakat sekitar yang turut menyaksikan simulasi tersebut. 

Tidak hanya parade simulasi oleh pasukan, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PLN Group Jawa Timur turut menyerahkan 1.000 bibit tanaman kepada Bupati Gresik yang diwakili oleh Eko Anindito Putro, Kepala Dinas Pertanian.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada PLN Group Jawa Timur karena telah menerapkan SOP K3 dengan baik, sehingga kecelakaan kerja dapat diminimalisir hingga zero accident.

"Keselamatan dan kesehatan kerja di Kabupaten Gresik sendiri merupakan yang terbaik di Jawa Timur. Selain itu, terkait penanaman 1000 bibit pohon ini, semoga tidak hanya menyumbang oksigen tetapi juga menjadikan Kabupaten Gresik lebih bersih dan bebas polusi," ungkap Eko.

Peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2020 ini juga sekaligus sebagai momentum 50 tahun K3 yang pelaksanaannya berlangsung sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2020. 

Sebelumnya, seluruh unit PLN di Jawa Timur telah melaksanakan serangkaian kegiatan peringatan bulan K3 sejak Januari 2020, diantaranya apel gelar pasukan guna pengecekan kelengkapan, sosialisasi K3L & penandatanganan komitmen bersama, simulasi tanggap darurat, donor darah untuk sesama hingga lomba cerdas cermat dalam rangka untuk menguji pengetahuan pegawai khususnya pejabat K3L hingga tenaga alih daya pelayanan teknik & mitra kerja melalui kegiatan yang lebih seru. Seluruhnya dilaksanakan dalam rangka menyukseskan Bulan K3 Nasional dan sebagai upaya mengoptimalisasikan K3 menjadi budaya mandiri di  lingkungan PLN.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00