• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum & HAM

Pecandu Narkoba Perlu Dukungan Keluarga dan Lingkungan

11 February
14:55 2020
2 Votes (3)

KBRN, Surabaya : Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sidoarjo, menegaskan penolakannya terhadap wacana pelegalan ganja. Selain diharamkan oleh hukum positif, ganja juga mempunyai dampak buruk bagi pemakainya.

Ganja memiliki efek ketergantungan yang besar. Hal inilah yang juga ingin dihindari oleh BNN karena persoalan ketergantungan membuat banyak pemakai kembali ke perilaku mengonsumsi narkoba setelah menjalani rehabilitasi.

AKBP Toni Sugiyanto, Kepala BNN Sidoarjo mengatakan, 70 persen berhasil pulih dari pemakaian narkoba setelah menjalani rehabilitasi.

"Perlu dukungan keluarga dan lingkungan agar mereka benar-benar kehilangan ketergantungan terhadap narkoba. Terutama keinginan pulih dari diri pengguna," ujarnya, Selasa (11/2/2020).

Di Indonesia sendiri, tanaman ganja banyak terdapat di Aceh. Bahkan hampir semua peredaran ganja di daerah lainnya berasal dari Aceh. Pro dan kontra pun terjadi terkait legalisasi ganja di Indonesia.

Toni, Kepala BNN Sidoarjo secara tegas menilai,ganja dapat merusak dan tidak ada hal positif yang didapatkan dari mengkonsumsi ganja, yang masuk dalam kategori narkoba golongan 1. Hingga saat ini, khasiat ganja bagi kesehatan masih harus dikaji lebih dalam. Yang jelas pemanfaatan ganja diluar ketentuan undang undang adalah kejahatan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00