• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Umum

Mabes AL Lakukan Investigasi, Terkait Pesawat Latih Yang Mendarat Darurat di Sidoarjo

4 February
23:39 2020
1 Votes (2)

KBRN Surabaya: Mabes AL bersama Tim Pusat Penerbangan Angkatan Laut (PUSPENERBAL) dan Tim Salvage, langsung menuju ke Lokasi pendaratan darurat Pesawat Latih TOBAGGO TB10 T-2405 yang jatuh di area tambak ikan milik Ali Ridho Kelurahan Gebang Sidoarjo. Belum ada penjelasan terkait penyebab jatuhnya pesawat tersebut, lantaran Tim Penyidik dari MABESAL masih melakukan pendalaman terkait mati nya mesin pada saat melakukan penerbangan.

Ketika dikonfirmasi Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin, Sh., M.Han mengatakan bagian pesawat telah berhasil di evakuasi.

"Tadi siang sekitar pukul 11.00 wib, pesawat yang jatuh sudah berhasil kita angkat dari bagian perbagian ke permukaan Dan kemudian potongan pesawat kita bawa ke Juanda untuk dilakukan investigasi agar dapat meyakinkan penyebab dari matinya mesin pesawat tersebut", Terang Edwin, Selasa (4/2).

Sekitar 30 personel yang terlibat dalam proses evakuasi tersebut.Sedangkan untuk jumlah kapal boat milik TNI AL yang diterjunkan berjumlah tiga unit.sampai saat ini kapal boat milik TNI AL masih melakukan droping logistik dari Pintu Air Kedungpeluk menuju TKP.

Mengenai kondisi kedua pilot yang mengemudikan pesawat latih tersebut, pasca terjadinya pendaratan darurat setelah sampai di Juanda langsung dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dan dilakukan observasi 1 x 24 jam.

"Kedua pilot dinyatakan sehat semuanya, baik secara fisik maupun psikologinya", ujar Edwin.

Dalam proses evakuasi, pihaknya juga melibatkan seluruh aset yang ada di lokasi kejadian, seperti perahu nelayan dan ditunjang oleh peralatan dari Juanda. Edwin mengakui adanya bantuan dari masyarakat, mempermudah anggota dan tim untuk proses evakuasi. Dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan sedikitnya 30 personil untuk proses evakuasi badan pesawat.

  • Tentang Penulis

    Januar Fahmi

    Kontributor RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00