• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Umum

Lebih dari 14 Hari, Hasil Uji Lab Sungai DAM Sumput Tak Kunjung Mendapatkan Hasil

4 February
22:57 2020

KBRN Surabaya: Kejadian Air Sungai DAM Sumput yang diduga tercemar limbah busa pada akhir Januari lalu, sampai saat ini hasil Uji Laboratorium tak kunjung selesai. sebelumnya DLHK Sidoarjo mengatakan Uji Laboratorium tersebut membutuhkan waktu 14 hari.

Sampel air berbusa ini ditangani DLHK Sidoarjo yang bekerja sama dengan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya dan DLHK Provinsi Jawa Timur.

Yuni Areni Kabid Penataan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHK Sidoarjo,menegaskan bahwa DLHK Sidoarjo masih menunggu hasil dari BTKLPP dan DLHK Provinsi Jawa Timur untuk dapat memutuskan kandungan dalam air yang tercemar limbah berbusa tersebut.

"Nanti hasilnya kita komparasikan, baru disampaikan ke publik," ucap Yuni Areni, Selasa (4/2/2020). 

Sebelumnya, pada Minggu (17/1) lalu, sungai di Dam Sumput permukaan airnya mengeluarkan buih berwarna putih seperti salju. Buih busa sepanjang sekitar 1 kilometer itu menjadi tontonan warga sekitar. Atas kejadian ini Plt.Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin berjanji jika air tersebut tercemar limbah Pabrik maka akan tindak tegas. (JF)

  • Tentang Penulis

    Januar Fahmi

    Kontributor RRI Surabaya

  • Tentang Editor

    Rio Putera Perdhana

    Admin Website-Media Sosial RRI Surabaya / website.rrisby@gmail.com

00:00:00 / 00:00:00